Gubernur Khofifah Lakukan Tradisi Ziarah ke Makam Gubernur Pertama Jelang HUT Pemprov Jatim

awsnews.id
Gubernur Khofifah Lakukan Tradisi Ziarah ke Makam Gubernur Pertama Jelang HUT Pemprov Jatim

SURABAYA, KABARHIT.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan tradisi Ziarah ke makam Gubernur Pertama Jawa Timur, Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo atau Gubernur Soerjo.

Ziarah tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Khofifah, bersama Sekdaprov Jatim dan para Kepala OPD Pemprov Jatim. Makam Gubernur Soerjo terletak di Jl. Salak, Magetan, Selasa (10/10).

Baca juga: Lomba Burung Berkicau Danpuspenerbal Cup 2024 Meriahkan HUT ke-68 Penerbal 2024

Gubernur Soerjo menjabat Gubernur Jawa Timur 1945-1948. Sebelumnya Bupati Magetan 1938-1943. Beliau adalah seorang Pahlawan Nasional yang tiba di kompleks makam sekitar pukul 08. Pukul 30 WIB pagi, Gubernur Khofifah disambut oleh Pj. Bupati Magetan, Ketua DPRD Kabupaten Magetan, dan Forkopimda Kab. Magetan dan OPD Kab. Magetan.

Keluarga besar almarhum Gubernur Soerjo mengikuti ziarah. Upacara tersebut tertib dan khidmat, dengan pembacaan singkat perjuangan Gubernur Soerjo. Gubernur Khofifah memimpin ziarah untuk menghormati Pahlawan Nasional. Ziarah ini merupakan bagian peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur.

Khofifah menegaskan ziarah ke makam RMT Ario Soerjo bukan hanya tradisi tapi bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa pendahulu bangsa, terutama di Jawa Timur. Penting karena bangsa besar menghargai dan menghormati pahlawan bangsa.

Hari ini, kita melakukan ziarah ke makam Governor Jawa Timur pertama, RMT Ario Soerjo, yang juga adalah Pahlawan Nasional. Kami bersama Pemprov Jawa Timur dan Forkopimda Kabupaten Magetan. Ini adalah tahun kelima saya memimpin ziarah ke makam Gubernur Soerjo

Gubernur Khofifah mengungkapkan bahwa Hari Jadi Pemprov Jatim dan Pemkab Magetan akan diselenggarakan pada tanggal yang sama, yaitu 12 Oktober. Ia berharap hal ini akan meningkatkan sinergitas dan produktivitas di masa depan untuk kedua pihak," ucap Gubernur Khofifah

Baca juga: Kloter Pertama, Gubernur Adhy Lepas Jemaah haji Emberkasih Surabaya ke Tanah Suci

Besok lusa, tanggal 12 Oktober, Hari Jadi Pemprov Jatim dan Pemkab Magetan akan bersamaan. Mari kita bersyukur atas pembangunan di Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Magetan.

"Harapannya tindakan kita memberikan manfaat pada masyarakat. Perlu digarisbawahi apa yang perlu ditingkatkan untuk menjadi masalah bagi program-program mendatang," lanjutnya.

Gubernur Khofifah berharap generasi muda meneladani perjuangan pahlawan dan Gubernur Soerjo di Magetan.

Gubernur Khofifah memberikan bingkisan dan tali asih kepada 5 keluarga/ahli waris RMT Ario Soerjo, serta santunan kepada 10 anak yatim piatu.

Baca juga: Pemprov Jatim Mulai Benahi 331 Fasum Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

Menyerahkan bantuan kepada 250 keluarga kurang mampu di sekitar Komplek Pemakaman kepada 50 orang perwakilan.

and

Artikel ini telah tayang sebelumnya di kabarhit.com dengan judul "Gubernur Khofifah Lakukan Tradisi Ziarah ke Makam Gubernur Pertama Jelang HUT Pemprov Jatim". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru