Kemenkes Apresiasi Peningkatan Layanan RSUD Soewandhie Surabaya

awsnews.id
Pemkot meningkatkan pelayanan RSUD Soewandhie dengan layanan Oncology Center (foto istimewa)

SURABAYA,Tikta.id - Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Yuli Astuti Saripawan mengapresiasi peningkatan pengembangan pelayanan di RSUD dr Soewandhie Surabaya.

Hal itu diungkapkan oleh Yuli setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meresmikan layanan Oncology Center dan Gedung Graha Adyatma RSUD dr Mohamad Soewandhie, pada Kamis (16/11).

"Ini salah satu rumah sakit pemerintah daerah (pemda) yang dengan swadaya sendiri untuk membangun, kemudian mengadakan alat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, saya apresiasi," kata Yuli melansir surabaya.go.id  Sabtu (18/11).

Ia menyatakan layanan radioterapi tersebut, tentunya bisa dicover melalui BPJS Kesehatan.

Kendati demikian, hal ini dapat diterapkan apabila sudah ada Memorandum of Understanding (MoU) atau kerjasama antara RSUD dr Soewandhie dengan BPJS Kesehatan.

"Jadi, dalam hal ini (layanan radioterapi) tidak hanya (bisa diakses) orang-orang mampu saja, tapi orang-orang dengan BPJS nanti akan tercover. Tinggal dari rumah sakit melaksanakan MoU, ini dalam proses," jelasnya.

Menurutnya, kanker merupakan satu di antara 10 jenis penyakit yang menjadi prioritas penanganan Kemenkes berdasarkan hasil evaluasi Kemenkes terhadap tingkat kematian dan pembiayaan BPJS.

"Makanya kita berusaha memprioritaskan. Prioritas itu adalah mulai penanganan sedini mungkin, sampai ketika orang itu sudah sakit kita tangani. Jadi jangan sampai orang datang (ke rumah sakit) sudah stadium empat," jelasnya. (*)

Baca juga: Hardikal 2024, Prajurit Jalasena Long March 78 Km

Artikel ini telah tayang sebelumnya di tikta.id dengan judul "Kemenkes Apresiasi Peningkatan Layanan RSUD Soewandhie Surabaya". lihat harikel asli disini

Baca juga: Serunya Lomba Ketangkasan Estafet Siswa Satdik -2 Kodiklatal

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru