Layanan Radioterapi RSUD Soewandhie untuk Pasien BPJS Ditarget Akhir Tahun

awsnews.id
Billy Daniel Messakh

SURABAYA,Tikta.id - Pemkot Surabaya meresmikan layanan Oncology Center dan Gedung Graha Adyatma RSUD dr Mohamad Soewandhie Hal ini sebagai komitmen Pemkot meningkatkan pelayanan kesehatan utamanya penanganan kanker.

Direktur Utama RSUD Soewandhie Surabaya, Billy Daniel Messakh mengatakan, untuk sementara ini pasien yang sudah dirawat di layanan radioterapi masih bersifat umum.

Kendati demikian, Billy menargetkan pada Desember 2023, layanan ini bisa digunakan oleh pasien BPJS. Dikatakan sejak Januari sampai November 2023, RSUD dr Soewandhie sudah melakukan 1000 kali pelayanan kemoterapi kanker. Nah, apabila dikonversi jumlah pasiennya sekitar 350 orang.

"Proses (kerjasama BPJS) sedang berjalan, kemungkinan besar Desember kita sudah mulai. Jadi, pasien yang sudah dirawat sementara umum, karena umum begitu mahalnya, itu yang menyebabkan jumlah pasien masih empat orang," kata Billy melansir laman Surabaya.go.id, Minggu (19/11).

"Kalau tahun sebelumnya (2022), itu hanya 275. Jadi dari tren ini kita lihat semakin lama semakin meningkat. Nah, apakah itu semua warga Surabaya, masih campur. Tapi pasti angkanya itu makin lama makin meningkat," ujarnya.

Billy menyatakan, RSUD dr Soewandhie Surabaya berupaya membuat pelayanan terapi agar lebih efektif. Bagaimana layanan itu menjadi lebih cepat, termasuk dengan diagnosisnya.

"Untuk itulah layanan radioterapi ini diadakan," pungkasnya.

Oncology Center di RSUD dr Soewandhie dilengkapi dengan tiga alat canggih untuk menunjang kebutuhan medis. Ketiga alat tersebut, yang pertama adalah LINAC Varian Truebeam.

Alat dengan sinar-x energi tinggi dan elektron ini dapat membunuh target kanker sebagai radiasi eksterna.

Kemudian alat kedua adalah Brakhiterapi Bebig Saginova. Dimana alat yang dilengkapi sumber radioaktif Cobalt-60 tersebut, dapat untuk membunuh target kanker dari jarak dekat.

Sedangkan alat ketiga adalah CT Simulator, yang digunakan mensimulasikan posisi penyinaran dan citra pasien untuk treatment radiasi. (*)

Baca juga: Hardikal 2024, Prajurit Jalasena Long March 78 Km

Artikel ini telah tayang sebelumnya di tikta.id dengan judul "Layanan Radioterapi RSUD Soewandhie untuk Pasien BPJS Ditarget Akhir Tahun". lihat harikel asli disini

Baca juga: Serunya Lomba Ketangkasan Estafet Siswa Satdik -2 Kodiklatal

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru