Forum Kota Sehat Dinilai Dapatkan Priviliage dari Pemkot

awsnews.id
Plaza Pemkot Bekasi (Ist)

KOTA BEKASI, HiNews- Gerakan Lintas Utara Terpanggil (Geliat) menyoroti keberadaan Forum Kota Sehat yang dinilai telah melampaui kewenangannya dan seolah sebagai organisasi prlerangkat daerah (OPD)

Padahal, forum tersebut sifatnya sebagai lemaga sosial kemasyarakatan. Namun anehnya dalam acara seremonial kerap meminta dibuka oleh pejabat pemerintahan, baik itu dari tingkat Lurah hingga Kepala Daerah.

Baca juga: Kondisi Eropa Yang Berubah Sekularistik

Ketua Geliat Kota Bekasi, Asep Riandi Melela menilai bahwa Forum Kota Sehat adalah bukan lembaga resmi dalam struktural Pemkot. Oleh karennaya, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak terkecoh. Apalagi ada oknum yang menyalahgunakan fasilitas Pemkot untuk kepentingan yang mengatasnamakan Forum Kota Sehat.

"Jangan disalahartikan, sehingga Ormas/Forum itu seolah-olah memerintahkan kepada lembaga kecamatan/kelurahan yang notabenenya adalah lembaga vertikal Pemerintahanan. Jangan lantaran ketua forum tersebut merupakan istri Tri Adhianto yang merupakan mantan Wali Kota, lantas seenaknya menggunakan fasilitas Pemkot untuk kepentingan Forum," tegas Asep kepada wartawan di Kota Bekasi, Kamis (23/11/2023).

Asep mengingatkan, bahwa fasilitas Pemkot itu dibiayai oleh APBD yang dipungut dari pajak masyarakat Kota Bekasi.

"Jadi tidak benar jika forum tersebut dibawa ke ranah politis apalagi hanya untuk mendukung bakal calon wali kota tertentu. Sebab fasilitas Pemkot itu milik masyarakay bukan perorangan maupun partai tertentu," katanya.

Seharusnya, kata Asep, Forum Kota Sehat bisa menjadi mitra Dinkes, namun tidak boleh melebihi kewenangannya Dinkes.

Baca juga: Catatan Politik Didik J Rachbini

"Karena Forum Kota Sehat yang mempunyai program adalah Dinas Kesehatan. Namun dalam hal ini hnaya sebatas mendukung program Dinkes, bukan masuk kepada wilayah politik praktis. Oleh karena itu, publik berhak mengawasi kinerja Dinkes termasuk sikap netralitasnya dalam menghadapi Pilkada mendatang,"

Asep juga menyayangkan keberadaan Forum Kota Sehat Kota Bekasi sangat politis. Padahal forum tersebut sama halnya dengan forum/lembaga/dan atau organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya, aelain itu pemkot Bekasi harus memperlakukan sama.

"Tapi yang terjadi saat ini tidak demikian, Forum Kota Sehat saat ini mendapat priviliage dan memdapat perlakuan khusus lantaran diketuai oleh mantan istri Wali Kota Bekasi," pungkasnya. (Pri)

 

Baca juga: Jelang Pilkada Kota Bekasi, Masyarakat Diminta Tak Pilih Politisi Kutu Loncat

 

 

Artikel ini telah tayang sebelumnya di harianindonesianews.com dengan judul "Forum Kota Sehat Dinilai Dapatkan Priviliage dari Pemkot". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru