Erick Thohir Jabat Ketua Lakpesdam PBNU

awsnews.id
Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya bersama Erick Thohir (Ist)

JAKARTA, HiNews - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengumumkan secara resmi bahwa Menteri BUMN Erick Thohir telah menjabat sebagai ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU. Keputusan ini diambil langsung oleh Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya. 

Ketua Pengurus Besar NU, KH Ulil Abshar Abdalla atau Gus Ulil menjelaskan bahwa Gus Yahya telah mengangkat Erick Thohir sebagai ketua Lakpesdam, lembaga yang memiliki signifikansi strategis dalam NU dan merupakan warisan dari Gus Dur. Lakpesdam didirikan pada 1985, beberapa bulan setelah muktamar historis 1984 dalam sejarah NU. 

Baca juga: Kondisi Eropa Yang Berubah Sekularistik

Erick Thohir, yang juga merupakan anggota kehormatan Banser NU, diberikan tugas oleh Gus Yahya untuk menjadikan Lakpesdam PBNU sejajar dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Gus Ulil berharap agar Lakpesdam dapat menjadi lembaga perancang dan pemandu seluruh kegiatan, program, dan inisiatif di NU. 

Dalam menyampaikan harapannya, Gus Ulil menegaskan bahwa Surat Keputusan (SK) Erick Thohir sebagai Ketua Lakpesdam PBNU telah diterbitkan sejak Oktober 2023. Erick akan menjabat hingga akhir periode kepengurusan Gus Yahya pada 2027. 

Baca juga: Catatan Politik Didik J Rachbini

"Saya berharap di bawah Pak Erick Thohir lembaga ini betul-betul kelasnya naik menjadi seperti Bappenas, karena tema Gus Yahya dalam memimpin NU sekarang ini adalah NU itu karena warganya merupakan separuh lebih dari warga Indonesia, maka layak memimpin NU seperti negara karena itu tema besarnya adalah governing NU," ungkap Gus Ulil seusai pembukaan Muktamar Pemikiran NU di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (1/12/2023). 

Dengan SK yang sudah diterbitkan, Erick Thohir siap memimpin Lakpesdam hingga tahun 2027, dan Gus Ulil menambahkan bahwa masih ada waktu sekitar tiga tahun dalam periode kepengurusan saat ini. (red)

Baca juga: Jelang Pilkada Kota Bekasi, Masyarakat Diminta Tak Pilih Politisi Kutu Loncat

 

Artikel ini telah tayang sebelumnya di harianindonesianews.com dengan judul "Erick Thohir Jabat Ketua Lakpesdam PBNU". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru