Banjir Melanda Di Wilayah Binaan, Babinsa Benjeng Siaga Tanggap Bencana

awsnews.id
Banjir Melanda Di Wilayah Binaan, Babinsa Benjeng Siaga Tanggap Bencana

GRESIK, KABARHIT.COM, Intensitas curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Gresik dan sekitarnya selama beberapa hari terakhir mengakibatkan debit air di Kali Lamong meluap.

Akibatnya puluhan rumah yang tersebar di 3 desa di Kecamatan Benjeng mulai terendam banjir dengan ketinggian berbeda-beda. Informasi yang disampaikan oleh Babinsa kepada Bati Tuud Koramil 0817/10 Benjeng Peltu Imam, Jumat (8/12/2023).

Baca juga: Lomba Burung Berkicau Danpuspenerbal Cup 2024 Meriahkan HUT ke-68 Penerbal 2024

Berdasarkan laporan dari anggota Babinsa Koptu Jadi, wilayah binaan di Desa Lundo ketinggian Air sudah mencapai 5 cm - 20 cm merendam 5 Rumah, sawah 20 Ha dan genangan jalan desa sepanjang 100 meter serta genangan jalan lingkungan 150 meter.

Sedangkan di Desa Sedapur Klagen melalui laporan Babinsa Serda Mustakim ketinggian air mencapai 10 cm - 40 cm, terdapat 40 Kartu Keluarga dan 35 rumah yang terendam. Selain itu, luapan air juga menggenang di jalan poros desa sepanjang 600 meter serta jalan lingkungan 1.800 meter, dan juga sawah sekitar 40 Ha.

Di Desa Kedungrukem dilaporkan oleh Babinsa Pelda Purwanto bahwa ketinggian air mencapai 10 cm - 40 cm. Terdapat 20 rumah yang terendam dan sekitar 30 Ha sawah. Disamping itu, genangan juga merendam jalan desa sepanjang 700 meter dan jalan lingkungan 1.200 meter.

Baca juga: Kloter Pertama, Gubernur Adhy Lepas Jemaah haji Emberkasih Surabaya ke Tanah Suci

Dan di Desa Deliksumber, dari hasil laporan Babinsa Serma Eka ketinggian air 5 cm -20 cm. Terdapat 10 Kartu Keluarga yang terdampak dan 7 rumah terendam serta genangan di jalan poros desa sekitar 100 meter, jalan lingkungan 800 meter dan juga genangan di sawah sekitar 25 Ha.

Menanggapi kondisi desa binaan sesuai yang dilaporkan, Bati Tuud Koramil 0817/10 Benjeng Peltu Imam menyampaikan agar Babinsa melaksanakan siaga dan monitoring wilayah untuk mengantisipasi bencana.

"Kita siaga untuk antisipasi terjadinya bencana banjir. Seluruh Babinsa tetap monitoring wilayahnya masing-masing, setiap perkembangan situasi maupun terdapat penonjolan segera dilaporkan."ucap Bati Tuud Benjeng.

Baca juga: Pemprov Jatim Mulai Benahi 331 Fasum Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

"Untuk sementara genangan masih belum ada kenaikan sehingga aktivitas masyarakat masih berjalan dengan aman. Namun dihimbau kepada warga masyarakat selalu waspada."tuturnya.(Pen0817).

Artikel ini telah tayang sebelumnya di kabarhit.com dengan judul "Banjir Melanda Di Wilayah Binaan, Babinsa Benjeng Siaga Tanggap Bencana". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru