KAI Daop 8 Hadirkan Kembali Lokomotif Livery Vintage Merah dan Biru Era Tahun 1991

awsnews.id
KAI Daop 8 Hadirkan Kembali Lokomotif Livery Vintage Merah dan Biru Era Tahun 1991

SURABAYA, KABARHIT.COM - PT KAI Daop 8 Surabaya kembali hadirkan livery Vintage merah dan biru tahun 1991 pada lokomotif CC 201. Diperkenalkan saat peringatan 1 Abad Depo Sidotopo tahun 2023. Lokomotif livery Vintage merah dan biru adalah satu-satunya yang beroperasi dan melayani perjalanan KA reguler di Jawa, sementara mayoritas lokomotif dengan livery serupa beroperasi di Sumatera dan melayani KA batubara

Lokomotif CC 201 83 48 telah diperbaiki di Balai Yasa Yogyakarta dan sekarang berada di Daop 8 Surabaya dengan Livery Vintage Merah dan Biru. Kehadiran lokomotif ini secara simbolis di Depo Lokomotif Sidotopo oleh Daop 8 Surabaya yang juga mengadakan acara tasyakuran dan santunan anak yatim untuk memperingati 1 Abad beroperasinya Depo Sidotopo.

Baca juga: Lomba Burung Berkicau Danpuspenerbal Cup 2024 Meriahkan HUT ke-68 Penerbal 2024

Pada Rabu (13/12), KAI Daop 8 Surabaya bersama Komunitas IRPS menyelenggarakan kegiatan tasyakuran. Terlibat dalam kegiatan tersebut adalah Jajaran KAI Daop 8, Pegawai Depo Lokomotif Sidotopo, Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Surabaya, Komunitas IRPS, pensiunan pekerja KAI, dan anak-anak yatim. Mereka melakukan joy trip dengan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Surabaya Gubeng ke Stasiun Sidotopo.

"Pada kegiatan ini, KAI Daop 8 Surabaya juga menyampaikan edukasi terkait perkeretaapian, mengadakan pameran fotografi, serta memberikan pemahaman kepada para masyarakat agar dapat turut berperan serta dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api," ucap Wisnu Pramudyo.

Baca juga: Kloter Pertama, Gubernur Adhy Lepas Jemaah haji Emberkasih Surabaya ke Tanah Suci

Selain itu, sebagai rasa syukur 1 Abad beroperasinya Depo Sidotopo pada tahun 2023 ini, serta telah hadirnya Lokomotif CC 201 83 48 dengan Livery Vintage merah dan biru, KAI Daop 8 Surabaya bersama Komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) dalam kesempatan ini menyerahkan santunan kepada para anak yatim, dan doa bersama untuk kelancaran perjalanan kereta api menyambut musim libur Natal dan Tahun Baru 2023/24.

Sebagai tambahan informasi, Livery Vintage ini dahulu digunakan KAI pada era tahun 1991, dimana pada saat itu bernama Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) berubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka). Livery Vintage tersebut saat ini KAI aplikasikan pada Lokomotif CC 201 83 48 milik Depo Sidotopo. Pengecatannya sendiri dilakukan di bengkel lokomotif Balai Yasa Yogyakarta. Lokomotif CC 201 produksi General Electric ini memiliki berat 84 ton dan daya mesin 1.950 tenaga kuda (HP). Lokomotif ini mampu melaju hingga kecepatan maksimal 120km/jam, memiliki 2 boggie dimana masing-masing boggie memiliki 3 gandar penggerak dengan total 6 traksi motor sehingga lokomotif ini dapat dioperasikan pada lintas datar maupun pegunungan.

Baca juga: Pemprov Jatim Mulai Benahi 331 Fasum Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

"Penggunaan Livery Vintage Merah dan Biru lokomotif CC 201 83 48 ini diharapkan tidak hanya mengingatkan kita akan kenangan masa lalu, tetapi juga untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan moda kereta api, serta mengenalkan sejarah perkeretaapian bagi masyarakat generasi sekarang," tutup Wisnu Pramudyo.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di kabarhit.com dengan judul "KAI Daop 8 Hadirkan Kembali Lokomotif Livery Vintage Merah dan Biru Era Tahun 1991". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru