Cukup tinggi Pendaftaran KPPS di kecamatan Sidodadi

awsnews.id
Cukup tinggi Pendaftaran KPPS di kecamatan Sidodadi

SURABAYA, KABARHIT.COM - Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Simokerto Moch Yasin mengatakan, antusiasme warga yang mendaftar sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Simokerto sangat tinggi.

Hal itu berdasarkan pantauan 3 hari pendaftaran KPPS di 5 Kecamatan Simokerto yang meliputi Kelurahan, Sidodadi, Simokerto Kapasan, Tambakrejo dan Simolawang.

Baca juga: Lomba Burung Berkicau Danpuspenerbal Cup 2024 Meriahkan HUT ke-68 Penerbal 2024

"3 hari setelah dibuka pendaftaran antusias warga di Kecamatan Simokerto cukup tinggi," kata Yasin, Kamis (14/12).

Yasin menjelaskan, sebelum pendaftaran KPPS dibuka pihaknya sudah jauh-jauh hari mensosialisasikan tentang akan dibukanya pendafatran KPPS tersebut.

Bahkan menurutnya sosialisasi itu bersamaan dengan DPTb pelayanan pindah pilih masih berlangsung.

Sosialisasi tersebut beber Yasin, digencarkan melalui kelurahan hingga RT/RW. Ditingkatkan RW tambah melalui koordinasi dengan PPS setempat.

"Untuk tahapan hari ketiga pembukaan pendaftaran KPPS di masing-masing kantor PPS sudah buka pengumuman jam layanan," jelas Yasin

"Umumnya untuk melayani masyarakat yang mendaftar, PPS saat jam kerja dibantu teman-teman sekretariatan, ASN atau teman OS di Kelurahan masing-masing," tegasnya.

Sedangkan untuk malam hari, lanjut Yasin PPS bertugas langsung untuk melayani masyarakat yang berminat mendaftarkan diri sebagai KPPS.

"Alhamdulillah capaian 3 hari (kemarin) memang baru sekitar 20 sampai 25% yang yang mendaftar di hampir 5 kelurahan, jadi angkanya mirip-mirip," kata Yasin.

Baca juga: Kloter Pertama, Gubernur Adhy Lepas Jemaah haji Emberkasih Surabaya ke Tanah Suci

Yasin membeberkan selama 3 hari ini, belum ada dari kalangan disabilitas yang mendaftar. Justru lebih didominasi kaum perempuan.

Yasin mengakui, untuk disabilitas memang ada arahan khusus dari KPU Surabaya agar juga menerima mereka. Namun soal standarisasinya masih menunggu petunjuk lebih lanjut.

"Selama 3 pendaftaran pantauan kami belum ada disabilitas yang mendaftar," kata Yasin

Yasin memaparkan, dalam masa 3 hari pendaftaran antusias kaum perempuan justru cukup tinggi yang didominasi Ibu-ibu dan Kader Surabaya Hebat (KSH).

Menurut dia, tingginya antusia kaum perempuan untuk mendaftarkan diri sebagai KPPS tidak lepas dari upaya PPK Simokerto yang jauh jauh hari melakukan sosialisasi.

Baca juga: Pemprov Jatim Mulai Benahi 331 Fasum Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

"Untuk perempuan sendiri justru yang menurut pantauan kami, antusias di awal-awal ini lebih banyak ibu-ibu terutama bunda-bunda kader surabaya hebat (KSH), itu luar biasa sekali." ungkap Yasin.

Kendati begitu, mereka memaklumi bila terkendala dengan syarat, seperti batasan usia dan ijazah dan lain sebagainya.

"Tapi banyak juga dari apa KSH secara pra-syarat memenuhi untuk mendaftar KPPS. Jadi yang kami pantau lebih banyak dari perempuan." tandasnya.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di kabarhit.com dengan judul "Cukup tinggi Pendaftaran KPPS di kecamatan Sidodadi". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru