Optimalkan Dana Desa, Pemdes Wonokasian Betonisasi Jalan Lalu Lintas Petani

awsnews.id
Optimalkan Dana Desa, Pemdes Wonokasian Betonisasi Jalan Lalu Lintas Petani

Zonaperistiwa Sidoarjo,. Upaya mengoptimalkan bantuan Dana Desa terus dilakukan oleh pemerintah desa (Pemdes) Wonokasian kecamatan Wonoayu, Sidoarjo. Salah satunya berupa peningkatan fungsi jalan penghubung antar pedukuhan yang sekarang tengah dikerjakan. Menariknya, bukan di paving seperti dilakukan di desa lain namun dengan cara di-cor atau betonisasi layaknya jalan raya.

"Kami kerjakan mulai 11 Desember lalu dengan perhitungan selesai sekitar tanggal 30 bulan ini juga sesuai target yang ditetapkan oleh Pemdes," kata Mohammad Ahmud, salah satu anggota TPKD proyek tersebut.

Baca juga: Seorang Anak Di Bawah Umur Dibawa Kabur oleh Pria yang Dikenalnya Lewat FB

Ahmud juga menambahkan biaya yang dibutuhkan untuk pengerjaannya sebesar Rp 126.343.429 juta yang diambilkan dari uang Dana Desa. "Ya, dengan tenaga penggarap 5 orang dari warga desa ini juga," tambahnya.

Pantauan di lokasi, pembangunan jalan yang masuk wilayah RT 03 RW 01 itu kini dalam tahap memulai pengecoran seusai dilakukan pemadatan tanah dan pemasangan papan penahan adonan cor disisi kiri dan kanan.

Memanjang dari utara ke selatan sepanjang 80 meter dengan lebar 3 meter dan tinggi atau tebal cor 20 cm.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

Sementara itu, Sekretaris Desa Wonokasian, Ifan menerangkan, " Sengaja kita buat betonisasi agar kondisi jalan kuat dan kokoh. Mengingat kontur tanah tersebut tanah pesawahan yang mudah ambles ketika musim hujan tiba. Dengan betonisasi itu diharapkan tidak mudah ambles lagi. Lalu lalang warga disitu maupun para petani yang akan ke sawah makin lancar," terangnya, Kamis (14/12/2023).

Selain itu, Ifan menambahkan fungsi jalan sebagai lalu lintas petani juga sebagai jalan alternatif bagi pengguna sepeda motor dan mobil manakala jalan utama antar desa ditutup akibat adanya kegiatan warga seperti hajatan dan semacamnya.

Baca juga: Bareskrim Polri Gerebek Kebun Ganja dan Laboratorium Narkoba di Bali

"Rencana kita tahun berikutnya akan dilanjutkan lagi pembangunan betonisasi menyambung jalan yang baru di-cor tadi ke selatan hingga MI. Namun menunggu turunnya Dana Desa dulu," turut Ifan memungkasi. (Sigit)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di zonaperistiwa.com dengan judul "Optimalkan Dana Desa, Pemdes Wonokasian Betonisasi Jalan Lalu Lintas Petani". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru