Babinsa Serda Affandi Datangi TPA Desa Gluranploso, Jalin Komsos Maksimalkan Pengelolaan Sampah Lingkungan

awsnews.id
Babinsa Serda Affandi Datangi TPA Desa Gluranploso, Jalin Komsos Maksimalkan Pengelolaan Sampah Lingkungan

GRESIK, KABARHIT.COM, Kepedulian terhadap pengelolaan sampah lingkungan ditunjukkan Babinsa Serda Affandi Koramil Benjeng dengan mendatangi TPA di wilayah desa binaan. Kedatangannya guna menjalin komsos bersama Pak Sumaji seorang petugas kebersihan TPA dan Pak Andik selaku Ketua RT 02 Desa Gluranploso, Kec. Benjeng, Kab. Gresik. Rabu (20/12/2023).

Sampah lingkungan pada umumnya kumpulan dari barang bekas, barang yang tidak berguna, sisa makanan, batang pohon, dedaunan maupun yang lainnya yang sudah habis terpakai atau tidak bernilai guna.

Baca juga: Lomba Burung Berkicau Danpuspenerbal Cup 2024 Meriahkan HUT ke-68 Penerbal 2024

Pada kesempatan itu, Babinsa Serda Affandi memantau langsung cara pengolahan sampah lingkungan di TPA tersebut. Sekaligus memberikan saran masukan untuk memaksimalkan dan memanfaatkan sampah menjadi barang yang berguna dan bernilai jual.

"Sampah yang awalnya tidak berguna dapat diolah menjadi bernilai guna dengan proses pemilahan dan daur ulang," ungkapnya.

Di lokasi, Serda Affandi menjelaskan bahwa sampah ada kalanya dapat bermanfaat. Sebagai contoh botol plastik minuman, sisa kaleng bekas, lempengan besi tembaga maupun aluminium, dapat dipilah-pilah dan bernilai jual.

Baca juga: Kloter Pertama, Gubernur Adhy Lepas Jemaah haji Emberkasih Surabaya ke Tanah Suci

Selain itu, sisa-sisa makanan maupun sayuran dan dedaunan dapat digunakan untuk campuran bahan dasar pupuk kompos. Sehingga melalui prosesnya, dapat disulap menjadi bernilai rupiah. Begitu juga dengan sampah plastik ada beberapa yang dapat didaur ulang menjadi barang kerajinan tangan seperti tas, dompet, vas bunga plastik, dan lain sebagainya.

"Mari kita rubah mindset kita terhadap sampah lingkungan yang tidak berguna, karena ada beberapa diantaranya dapat kita manfaatkan kembali," terangnya.

Lanjutnya, Babinsa Serda Affandi juga mengingatkan akan pentingnya menjaga kesehatan bagi petugas kebersihan TPA binaan. Karena berhadapan langsung dengan sampah/limbah lingkungan, sehingga selalu menjaga fisik yang prima. Ia menghimbau kepada para warga umumnya, agar tidak membuang sampah sembarangan demi kesehatan lingkungan.

Baca juga: Pemprov Jatim Mulai Benahi 331 Fasum Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

Pak Andik selaku Ketua RT setempat mengucapkan terima kasih atas kedatangan Pak Babinsa untuk memberikan edukasi dan arahan dalam memaksimalkan pengelolaan sampah lingkungan. Tentunya dapat dijadikan literasi dalam melanjutkan proses pengelolaan sampah. Agar dapat bernilai guna dan bernilai jual sehingga menambah pemasukan para warga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Pen0817).

Artikel ini telah tayang sebelumnya di kabarhit.com dengan judul "Babinsa Serda Affandi Datangi TPA Desa Gluranploso, Jalin Komsos Maksimalkan Pengelolaan Sampah Lingkungan". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru