Meski Masuk Musim Hujan, DKPP Surabaya Imbau Warga Tetap Waspada Kebakaran

awsnews.id
DPKP Surabaya/net

SURABAYA,Tikta.id - Surabaya sudah mulai diguyur hujan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) kota Surabaya mengimbau agar masyarakat tetap waspada kebakaran. Pasalnya, kebakaran bukan hanya disebabkan oleh cuaca panas, akan tetapi juga terjadi karena konsleting listrik dan kompor gas elpiji. 

Dedik Irianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) kota Surabaya bersyukur, akhir tahun ini cuaca panas di Surabaya sudah menurun.

Baca juga: Serunya Lomba Ketangkasan Estafet Siswa Satdik -2 Kodiklatal

Bahkan menurutnya, isu badai elnino pun sudah terlewati. Sehingga ia meyakini jumlah kebakaran akan menurun dibanding musim kemarau dua tiga bulan kemarin.

"Tapi kami harapkan masyarakat tetap waspada, karena penyebab kebakaran itu bermacam-macam, bukan cuma karena cuaca panas tapi juga karena human error atau kelalaian manusia. Misalnya masak, banyak kejadian akibat dari kompor juga menunjukkan angka tertinggi," kata Dedik saat dihubungi wartawan, Rabu (20/12).

Baca juga: Hardikal 2024, Prajurit Jalasena Long March 78 Km

"Korsleting listrik itu juga cukup tinggi angka kejadian kebakaran disebabkan oleh konsleting listrik. Oleh karena itu, kami menghimbau masyarakat untuk senantiasa berhati-hati,"tambahnya.

Ia menjelaskan, Desember ada 13 peristiwa kebakaran, November 98 kebakaran dan Oktober 139 kebakaran. Karena bulan Oktober panas-panasnya kota Surabaya.

Baca juga: Buron Dua Tahun Terduga Pelaku Pembunuhan Mahasiswa Ditangkap

"Terbukti memang isu badai elnino ada pemanasan suhu permukaan bumi ini memang terjadi. Dan mayoritas kebakaran meningkat dilahan-lahan terbuka. "papar Dedik. 

Artikel ini telah tayang sebelumnya di tikta.id dengan judul "Meski Masuk Musim Hujan, DKPP Surabaya Imbau Warga Tetap Waspada Kebakaran". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru