Hasil Survei CSIS: Golkar dan PKS Bersaing Ketat, PPP Diprediksi Tak Lolos ke Senayan

awsnews.id
Foto: Istimewa

JAKARTA, HINews - Konstelasi pokitik pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 diprediksi akan menarik. Pasalnya sejumlah partai politik pada pemilu sebelumnya menjadi pertai menegah, namun pada pemilu mendatang bergeser menjadi partai papan atas.

Sebagaimana hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), menyampaikan bahwa elektabilitas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada pemilu 2024 mendatang diperkirakan bersaing ketat dengan Partai Golkar.

Baca juga: Kondisi Eropa Yang Berubah Sekularistik

Dalam survei tersebut, PKS bahkan mengungguli PKB dan NasDem dengan elektabilitas sebesar 11,8 persen di posisi keempat. PKS hanya kalah tipis 0,1 persen dari Golkar di posisi ketiga dengan 11,9 persen.

Di bawah PKS, ada PKB di posisi kelima dengan 9,2 persen, NasDem di posisi keenam dengan 6,4 persen, PAN 5,2 persen, dan Demokrat di posisi kedelapan dengan 4,8 persen.

Di posisi pertama dan kedua, PDIP dan Gerindra masih bersaing ketat. PDIP masih unggul di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 16,4 persen berbanding 14,6 persen yang didapat Gerindra.

Survei CSIS dilakukan dengan metode wawancara tatap muka pada 13-18 Desember 2023 terhadap 1.300 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga: Catatan Politik Didik J Rachbini

Keunggulan PKS dalam survei CSIS berbeda dengan survei lain. Dalam survei Polling Institute yang dirilis di hari yang sama, PKS berada posisi enam atau di bawah Golkar, PKB, dan NasDem dengan elektabilitas 6,1 persen.

Begitu pula dalam survei Indikator Politik sehari sebelumnya Selasa (26/12), PKS juga masih berada di bawah PKB dan NasDem di posisi keenam dengan elektabilitas sebesar 6 persen. Dalam dua survei itu, partai berbasis Islam itu hanya sedikit unggul dari PAN dan Partai Demokrat.

Sementara itu, di antara sembilan partai parlemen saat ini, hanya PPP yang diprediksi tak lolos dan tak dapat kursi parlemen. Elektabilitas partai berlambang Ka'bah itu tak beranjak dari kisaran angka 3,5 persen. **

Baca juga: Jelang Pilkada Kota Bekasi, Masyarakat Diminta Tak Pilih Politisi Kutu Loncat

 

Artikel ini telah tayang sebelumnya di harianindonesianews.com dengan judul "Hasil Survei CSIS: Golkar dan PKS Bersaing Ketat, PPP Diprediksi Tak Lolos ke Senayan". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru