Sambung Roso Anas Karno Sosialisasikan PIP dan KIP Solusi Atasi Mahalnya Biaya Pendidikan

awsnews.id
Sambung Roso Anas Karno Sosialisasikan PIP dan KIP Solusi Atasi Mahalnya Biaya Pendidikan

Swaranews.com - Sambung Roso bersama warga RT02 dan 04, RW02 Semolowaru Sukolilo, Politisi PDI Perjuangan Surabaya, Anas Karno disambati beberapa problematika terkait kependudukan. Paling banyak adalah masalah pendidikan.

"Saya kesini memenuhi janji mendatangi setiap RT se kelurahan Semolowaru," ucap Wakil ketua Komisi B DPRD kota Surabaya, Selasa (30/1/2024) malam.

Baca juga: KPU Provinsi Jawa Timur Pastikan Tidak Ada Calon Independen

"Kalau ngobrol di lingkup kecil, bicara dari hati ke hati akan semakin mempererat jalinan silaturahmi," ucap Anas Karno yang saat ini maju kembali menjadi Calon Legislatif (Caleg) DPRD kota Surabaya Dapil 3 nomer urut 3 ini.

Diketahui, Dapil 3 Surabaya meliputi wilayah kecamatan Bulak, Gunung Anyar, Mulyorejo, Rungkut, Sukolilo, Tenggilis Mejoyo, dan Wonocolo.

Pada kesempatan itu, Anas juga mensosialisasikan beasiswa pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk anak-anak Surabaya.

PIP ini program beasiswa dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

"Pengajuan kita difasilitasi anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Puti Guntur Sukarno," terang Anas.

"Untuk besarannya, setiap tahun bagi siswa SD akan mendapat 450 ribu, SMP 750 ribu dan SMA mendapat 1 juta rupiah," sebutnya.

Lanjut Anas, PIP adalah program tahunan, maka setiap tahun harus ada pendataan ulang.

Baca juga: Josiah Michael: Selama ini Komunikasi PSI dengan Walikota Terbina denfan Baik

PIP bisa diajukan apabila siswa bersekolah di bawah naungan Kemendikbud. Untuk Madrasah di bawah Kemenag belum bisa di cover.

"Ayo, semua siswa bisa diajukan, meski ada beberapa anak dalam satu KK," katanya.

Selain PIP untuk anak sekolah, Anas juga menyampaikan bahwa PDI Perjuangan juga membantu memfasilitasi pengajuan bantuan KIP Kuliah dari Pemerintah pusat dan Beasiswa Pemuda Tangguh Kuliah dari Pemkot Surabaya.

"Harapan kami di PDI Perjuangan, semua anak-anak Indonesia bisa menempuh pendidikan setinggi-tingginya, bila perlu sampai ke luar negeri," harap Anas.

"Ini seiring program Ganjar-Mahfud, Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana," tegas Anas.

Baca juga: Gus Iqdam Doakan Surabaya Makin Rukun dan Berkah

Di giat yang sama, Ketua RT02, Yazir Arafat memberikan apresiasinya kepada Anas Karno yang sudah mampu mewakili suara masyarakat, khususnya warga Semolowaru.

Dia berharap, agenda sambung roso menjadi kegiatan silaturahmi rutin untuk menyosialisasi program-program Pemerintah kota Surabaya

"Sehingga Warga semakin mengerti apa saja program-program dari Pemerintah kota Surabaya yang dapat dimanfaatkan masyarakat, khususnya terkait masalah ekonomi sesuai bidang Komisi B DPRD Surabaya," sebutnya. 

Artikel ini telah tayang sebelumnya di swaranews.com dengan judul "Sambung Roso Anas Karno Sosialisasikan PIP dan KIP Solusi Atasi Mahalnya Biaya Pendidikan". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru