Uniknya Tradisi Ruwat Desa di Pager Ngumbuk, Ratusan Tumpeng Digotong

awsnews.id
Uniknya Tradisi Ruwat Desa di Pager Ngumbuk, Ratusan Tumpeng Digotong

Zonaperistiwa Sidoarjo, Prosesi gelaran ruwat desa atau sedekah bumi yang unik menarik untuk dilihat terlihat di desa Pager Ngumbuk kecamatan Wonoayu, Sidoarjo pada Minggu (3/3/2024) pagi.

Ratusan tumpeng berisi makanan dikemas sedemikian rupa diatas sebuah dipan (bayang) lalu digotong beramai ramai menuju pendopo kantor desa.

Baca juga: Seorang Anak Di Bawah Umur Dibawa Kabur oleh Pria yang Dikenalnya Lewat FB

Tradisi unik sejak masa kuno tersebut konon sebagai wujud syukur pada Sang Pencipta atas melimpahnya hasil bumi yang digarap petani setempat sekaligus berharap ditahun depan hal itu terulang. 

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

"Memang begitu. Tradisi ini kita upayakan untuk tetap ada dan lestari sebab banyak muatan positif didalamnya termasuk nilai nilai kearifan lokal seperti merekatkan tali silaturahmi agar tercipta rasa guyub, gembira dan rukun antar sesama warga di desa ini," ujar Abdul Malik Kades Pager Ngumbuk.

Info yang didapat oleh wartawan ini, ada tiga pedukuhan/dusun di Pager Ngumbuk yang masing masing warganya ikut ambil bagian menampilkan tumpeng pada perhelatan tersebut yang ditutup dengan pagelaran wayang kulit pada malam harinya. (sigit)

Baca juga: Bareskrim Polri Gerebek Kebun Ganja dan Laboratorium Narkoba di Bali

Artikel ini telah tayang sebelumnya di zonaperistiwa.com dengan judul "Uniknya Tradisi Ruwat Desa di Pager Ngumbuk, Ratusan Tumpeng Digotong". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru