Bangkitkan Warisan Luhur Kartini, UPT SDN 224 Gresik Gelar Pawai Pakaian Adat Daerah dan Berbagai Lomba Menarik

awsnews.id
Kepala Sekolah UPT SDN 224 Gresik, Saiful Hadi saat melepas keberangkatan pawai budaya anak siswanya, Rabu, (24/04)

Gresik - Di setiap tahun, peringatan hari Kartini digaungkan guna membangkitkan semangat dan inspirasi bagi anak anak bangsa akan warisan nilai luhur Pahlawan Emansipasi Wanita, Ibu kita Raden Ajeng Kartini. Seperti halnya dengan kegiatan yang digelar oleh UPT SD Negeri 224 Menganti Gresik, dalam perayaan Hari Kartini yang penuh warna dan semangat para pesertanya, Rabu, (24/04/2024).

Peringatan Hari Kartini 2024 di UPT SDN 224 Gresik kali ini bertemakan 'Menggapai Impian dan Mengejar Prestasi'. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 06.30 wib, dan  diawali suguhan pawai pakaian adat daerah oleh para Guru dan Siswa meliputi  rute di sekitar wilayah Sekolah.

Baca juga: Berikan Rasa Aman, Babinsa Dan Bhabinkamtibnas Kamal Laksanakan Pengamanan Ibadah Di Gereja

 Dengan kolaborasi antara Guru, Siswa, dan orang tua, mereka bersama-sama merayakan warisan budaya yang menjadi bagian dari identitas bangsa Indonesia.

Kepala Sekolah UPT SDN 224, Menganti, Gresik, Saiful Hadi, menyatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan membangkitkan nilai luhur semangat Ibu Kita Kartini sebagai tokoh 'Emansipasi Wanita' Indonesia.

"Kegiatan ini melibatkan seluruh Guru dan  Siswa dari tingkat TK hingga Siswa kelas 6 (enam) SD. Dengan tujuan mengajak para siswa untuk mengenang jasa-jasa Ibu Kartini yang telah  memperjuangkan hak-hak kesetaraan dan pendidikan bagi perempuan. Dengan berpakaian adat dan mengenakan atribut yang melambangkan keberagaman, para siswa diharapkan juga dapat belajar menghargai dan memahami budaya-budaya yang ada di Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Budiman Divonis Bayar Utang Rp 449 Juta, PN Malang: Jika Wanprestasi, Dieksekusi

Lebih lanjut, Saiful Hadi menambahkan, dengan pakaian adat khas dari berbagai daerah, kegiatan ini membawa pesan mendalam tentang kesetaraan dari keberagaman siswa dalam berkreasi sebagai warisan nilai luhur Ibu kita Kartini.

"Dengan semangat Kartini, diharapkan kegiatan tahunan ini tidak hanya menjadi pesta perayaan semata, namun juga menjadi momentum untuk memupuk nilai-nilai luhur bangsa. Seperti persatuan, keberagaman, dan kesetaraan bagi siswa. Sebagai generasi penerus, siswa-siswa SD Negeri 224 Menganti Gresik telah membawa harapan akan masa depan yang lebih cerah. Dimana warisan nilai-nilai luhur Kartini dapat terus hidup dan dijunjung tinggi bagi setiap siswa," tutupnya. 

Selain pawai budaya dan kompetisi pakaian adat terbaik, kegiatan peringatan hari Kartini kali ini juga disertai dengan lomba mewarnai bagi siswa kelas 1 dan 2. Selain itu ada pula lomba bercerita tentang Profil Ibu kita Kartini bagi siswa kelas 3 dan 4. 

Baca juga: Bak Disambar Petir, Seorang Suami Dapat Kiriman Video Syur Istri dan PIL nya, Suami : Sudah Saya Laporkan

Adapun bagi siswa kelas 5 dan 6, pihak Sekolah menyediakan lomba membuat dan membaca puisi yang masing masing dari keseluruhan lomba tersebut telah disediakan pula hadiah yang menarik bagi para pemenangnya. 

Artikel ini telah tayang sebelumnya di okejatim.com dengan judul "Bangkitkan Warisan Luhur Kartini, UPT SDN 224 Gresik Gelar Pawai Pakaian Adat Daerah dan Berbagai Lomba Menarik". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru