Pondok Gontor Peringati Usia Seabad, Lahirkan Tokoh-Tokoh Besar di Indonesia.

author awsnews.id

- Pewarta

Kamis, 28 Sep 2023 18:45 WIB

Pondok Gontor Peringati Usia Seabad, Lahirkan Tokoh-Tokoh Besar di Indonesia.

i

Pondok Gontor Peringati Usia Seabad, Lahirkan Tokoh-Tokoh Besar di Indonesia.

PONOROGO - KABARHIT.COM - PONDOK Modern Darussalam Gontor (PMDG) memiliki ribuan santri dan tersebar di 20 kampus di berbagai wilayah di Indonesia. Pesantren di Desa Gontor, Kabupaten Ponorogo, telah melahirkan banyak alumni sukses di Indonesia

Pembukaan peringatan 100 Tahun Gontor dihadiri oleh sejumlah tokoh ternama, termasuk Hidayat Nur Wahid, KH Muhammad Anwar Iskandar, KH Sa`ad Ibrahim, Syeikh Belaid Hamidi, Emil Elestianto Dardak, dan H Abdul Aziz Sidqi. 

Baca Juga: Lomba Burung Berkicau Danpuspenerbal Cup 2024 Meriahkan HUT ke-68 Penerbal 2024

Kick-off (permulaan) peringatan 100 Tahun Gontor juga ditandai peresmian penulisan Mushaf Gontor. Ini tercatat kali kedua Gontor menuliskan mushaf. Pertama kali Mushaf Gontor ditulis Al-Ustadz Syamsudin Arif, pada 16 April 1989. Namun, tidak dicetak dan disebarluaskan ke khalayak karena minimnya pengetahuan tentang percetakan Mushaf Al-Qur’an kala itu.

Penulisan Mushaf Gontor kali ini dilakukan oleh Al-Ustadz Muhammad Nur yang telah mendapat sanad dari Syeikh Belaid Hamidi. Ada tim IT (teknologi informasi) beranggotakan 10 orang yang berperan dalam proses digitalisasi. Khattath Maroko Syeikh Belaid Hamidi meresmikan penulisan Mushaf Gontor itu dengan menuliskan lafaz Basmalah.

Ketua MUI KH Muhammad Anwar Iskandar mengatakan, Gontor sudah memberikan manfaat besar untuk Nahdhatul Ulama. Bersamaan itu, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) sudah melahirkan tokoh-tokoh besar di Indonesia. ‘’Kita terus berharap Gontor tetap eksis dan terus maju sampai dengan hari kiamat. Gontor akan mampu membawa Islam kepada kejayaan di tahun-tahun mendatang,’’ katanya.

Baca Juga: Kloter Pertama, Gubernur Adhy Lepas Jemaah haji Emberkasih Surabaya ke Tanah Suci

Senada disampaikan Ketua PP Muhammadiyah Bidang Tabligh, Dakwah Komunitas, Kepesantrenan, dan Pembinaan Haji-Umrah KH Sa’ad Ibrahim. ‘’Allah tebarkan benih-benih second golden age Islam di bumi Indonesia ini, melalui Muhammadiyah kemudian Nahdlatul Ulama dan tentunya Pondok Gontor. Tak berlebihan jika kita sebut Indonesia ini sebagai miniatur Tsaqafah Islamiyyah,’’ jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR-RI Hidayat Nur Wahid yang notabene alumnus PMDG, menyebut Gontor memiliki korelasi kuat dengan Majelis Permusyawarakatan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI). Pasalnya, ketua MPR pertama adalah KH Idham Chalid yang alumnus Gontor. Hidayat Nur Wahid juga pernah menjabat ketua MPR. ‘’Beberapa event di Istana Negara sering sekali melibatkan alumni Gontor,’’ ungkapnya.

Di pengujung acara, Pimpinan PMDG KH Hasan Abdullah Sahal bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menabuh beduk secara bersamaan sebagai simbol dimulainya rangkaian kegiatan hingga puncak peringatan 100 Tahun Gontor yang akan dilaksanakan pada 2026 mendatang. Acara dilanjutkan dengan sujud syukur yang dilaksanakan di Masjid Jami’ Gontor selepas Salat Duhur atas usia Gontor yang menginjak 100 tahun. 

Baca Juga: Pemprov Jatim Mulai Benahi 331 Fasum Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

and

Artikel ini telah tayang sebelumnya di kabarhit.com dengan judul "Pondok Gontor Peringati Usia Seabad, Lahirkan Tokoh-Tokoh Besar di Indonesia.". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU