Eliminasi Anjing Rabies Demi Keselamatan Masyarakat, Polisi Banjar Celetiga Dampingi Dinas Keswan

author awsnews.id

- Pewarta

Rabu, 11 Okt 2023 10:20 WIB

Eliminasi Anjing Rabies Demi Keselamatan Masyarakat, Polisi Banjar Celetiga Dampingi Dinas Keswan

i

Eliminasi Anjing Rabies Demi Keselamatan Masyarakat, Polisi Banjar Celetiga Dampingi Dinas Keswan

BALI,ZONAPERISTIWA.COM

Polda Bali – Polres Karangasem, mencegah meluasnya penyakit rabies di Kabupaten Karangasem khususnya di Kecamatan Sidemen. Polisi Banjar Celetiga Briptu I Gede Andi Perdana, S.H., bersama Kawil Banjar Dinas Celetiga I Ketut Kompyang mendampingi Dinas Keswan Kecamatan Sidemen drh. Citra mulai melakukan eliminasi anjing yang diduga terjangkit rabies karena dapat membahayakan masyarakat bertempat di Banjar Dinas Celetiga, Desa Talibeng, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem.

Baca Juga: Seorang Anak Di Bawah Umur Dibawa Kabur oleh Pria yang Dikenalnya Lewat FB

"Eliminasi anjing yang di duga rabies ini merupakan salah satu upaya memutus mata rantai penularanya", kata Kawil Banjar Dinas Celetiga.

I Ketut Kompyang juga mengatakan bahwa wilayah Banjar Dinas Celetiga belum pernah terjadi laporan gigitan anjing rabies. Hanya saja, beberapa anjing milik masyarakatnya sudah ada yang sempat terkontak langsung dengan anjing yang diduga rabies.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

“Anjing yang dieliminasi ini sudah atas persetujuan pemilik. Sehingga tidak ada unsur paksaan. Kami juga berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan. Karena tidak menutup kemungkinan suatu saat ada anjing liar dari luar Banjar yang menyebarkan virus rabies”, tambah Kawil Banjar Celetiga.

Polisi Banjar Celetiga menghimbau kepada masyarakat yang memelihara hewan peliharaan baik itu anjing atau kucing agar senantiasa memvaksin hewan peliharaan dan di kandangkan untuk mencegah penularan rabies.

Baca Juga: Bareskrim Polri Gerebek Kebun Ganja dan Laboratorium Narkoba di Bali

Dinas Keswan Kecamatan Sidemen menjelaskan eliminasi anjing liar ini bukan hanya dilaksanakan di Banjar Dinas Celetiga ini saja, melainkan program ini berkelanjutan di Banjar yang lain untuk mencegah penularan penyakit Rabies yang ditularkan oleh anjing yang positif rabies. drh. Citra juga menegaskan agar masyarakat yang memiliki atau memelihara anjing agar rutin memberikan vaksin anti rabies kepada anjing dan merawat kebersihan anjing yang dipelihara.(Tmr/Red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di zonaperistiwa.com dengan judul "Eliminasi Anjing Rabies Demi Keselamatan Masyarakat, Polisi Banjar Celetiga Dampingi Dinas Keswan". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU