Jelang Pilpres, Akankah Kabinet Jokowi Pecah Kongsi?

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 24 Okt 2023 12:40 WIB

Jelang Pilpres, Akankah Kabinet Jokowi Pecah Kongsi?

i

Kabinet Indonesia Maju

JAKARTA, HINews - Pasca anak sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka diumumkan sebagai calon presiden (Capres) mendampingi Prabowo Subianto, aroma pecah kongsi di Kabinet Indonesia Maju (KIM) kian santer.

Bahkan, Presiden Jokowi memberikan sinyal kuat adanya reshuffle atau perombakan susunan Kabinet Indonesia Maju pada pekan ini. Hal ini disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan awak media mengenai peluang reshuffle. "Mungkin minggu ini," kata Jokowi di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: Kondisi Eropa Yang Berubah Sekularistik

Namun demikian, Jokowi tidak mengungkapkan kapan persisnya reshuffle akan dilakukan karena hal itu masih disiapkan.

Jokowi juga irit bicara ketika ditanya soal pos menteri mana saja yang akan ia rombak. Ia hanya menyebutkan bahwa reshuffle kali ini akan mengisi pos Menteri Pertanian yang masih dijabat oleh pelaksana tugas setelah Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri.

Baca Juga: Catatan Politik Didik J Rachbini

"(Yang dirombak) pos Menteri Pertanian," kata dia sebagaimana dilangsir dari kompas.com.

Jokowi pun tampak mengangguk ketika ditanya soal peluang kader Partai Demokrat masuk dalam kabinet pada reshuffle kali ini.

Baca Juga: Jelang Pilkada Kota Bekasi, Masyarakat Diminta Tak Pilih Politisi Kutu Loncat

Pos Menteri Pertanian kosong setelah Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri dengan alasan ingin fokus pada proses hukum. Saat ini, posisi Menteri Pertanian diisi oleh pelaksana tugas yakni Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi. (Red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di harianindonesianews.com dengan judul "Jelang Pilpres, Akankah Kabinet Jokowi Pecah Kongsi?". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU