HUT Ke-28 LPD Desa Adat Selat Gelar Jalan Sehat Berhadiah, Bendesa Adat dan Kades Apresiasi Positif

author awsnews.id

- Pewarta

Minggu, 12 Nov 2023 18:45 WIB

HUT Ke-28 LPD Desa Adat Selat Gelar Jalan Sehat Berhadiah, Bendesa Adat dan Kades Apresiasi Positif

i

JALAN SEHAT : Ratusan Masyarakat Desa Adat Selat Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Saat Pelepasan Jalan Sehat Minggu, 12/11

BADUNG | ARTIK.ID - Ratusan masyarakat desa Selat sangat antusias mengikuti jalan sehat dalam rangka HUT ke-28 tahun. Tentunya momentum ini merupakan usia yang sudah matang dalam kehidupan. Seperti halnya pada LPD Desa Adat Selat Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung genap berusia-28 tahun di usia yang sudah matang kembali melaksanakan jalan sehat berhadiah yang di rangkai dengan Gebyar LPD Selat ke-8 tahun 2023.
Pemucuk LPD Desa Adat Selat, I Gusti Ketut Sudarsana, menyatakan sejak 1995 dana awalnya hanya Rp 5 juta. Kemudian per Oktober 2023, modal Krama kini mencapai Rp 4,5 miliar. "Aset kini mencapai Rp 27 Miliar. Untuk deposito Rp 12 miliar. Tabungan sukarela mencapai Rp 9 miliar. Tabungan Taksu Rp 1 miliar," ujar dia ketika ditemui Newsyess disela-sela Gebyar LPD ke-28 tahun di Wantilan Desa Adat Selat Badung, pada, 12/11/2023.
Untuk kredit yang tersalur Rp 13 miliar. "Laba di tahun 2022 mencapai Rp 538 juta," jelas dia.
Dikatakan bahwa kesehatan LPD sangat sehat. "LPD ini milik Krama Ida ratu sareng sami, maka kami ingin Ida Dane sami mendorong kemajuan demi ajeg LPD," jelas dia. 

Keberadaan LPD Selat sangat dirasakan manfaatnya oleh Krama desa. Bahkan, kontribusi LPD selama ini cukup besar membangun desa adat. Di usia yang ke-28, LPD kini dalam kondisi sehat. Atas perolehan itu, mendapatkan apresiasi positif.
Jro Bendesa Adat Selat yang juga selaku ketua badan pengawas LPD Selat, Ida Bagus Made Anom, S.Ag, menyatakan peran LPD selama ini berdampak positif dalam perkembangan ekonomi di desa Selat. "Perekonomian bangkit karena peran LPD. Karena banyak kepentingan LPD bertumpu di LPD. Maka masyarakat bertanggung jawab baik hak dan kewajiban," ujar dia ketika di temui ARTIK.ID disela- sela Jalan sehat LPd di Wantilan Desa Adat Selat pada, Minggu, 12/11/2023 Badung.
Krama yang memohon dana, melalui LPD. Meskipun ada koperasi dan lembaga keuangan lain, namun tetap LPD yang diutamakan.
"Yang kami rasakan langsung dampak LPD. Keseharian LPD, ekonomi di Selat terasa sekali. Perputaran ekonomi meningkat dalam kinerja LPD," jelas dia.
Ke depan, LPD agar terus meningkat. "Kami harap selaku Bendesa dan penanggung jawab, supaya di tahun yang akan datang tetap ajeg dan bisa meningkatkan keuntungan," ujar dia.
Pesan Bendesa kepada pengurus LPD agar terus berhati-hati untuk mengimbangi kepentingan masyarakat di Selat. "Harapan kepada masyarakat untuk ingat akan kewajiban," harap dia.
Sementara itu, Kades Desa Selat, I Made Semawan, SH, menambahkan bahwa LPD Selat berkembang bagus. "Bahkan saat pandemi bisa bertahan. Kami tetap memantau, kami sering komunikasi dengan Bendesa dan pengurus LPD," ujar dia.
Sejak dibentuk di awal, LPD untuk mencari profit orientid, maka LPD harus memperkuat lini keuangan dan likuiditas. "Ketika ada covid, kita bisa menjaga keuangan. Kami yakin LPD tetap eksis. Meskipun kenaikan tidak terlalu signifikan, namun tetap bisa jalan," ujar dia.
Pesan kades kepada pengurus LPD, agar selektif dan hati-hati dalam mengelola. "Kerja sama antar lembaga juga harus selektif," tutup dia. (lani)

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "HUT Ke-28 LPD Desa Adat Selat Gelar Jalan Sehat Berhadiah, Bendesa Adat dan Kades Apresiasi Positif". lihat harikel asli disini

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU