Gandeng Institut Pertanian Bogor, Forum IKM Ponorogo Beri Pelatihan Bagi Pengusaha Kuliner Sate Ayam

author awsnews.id

- Pewarta

Jumat, 24 Nov 2023 09:10 WIB

Gandeng Institut Pertanian Bogor, Forum IKM Ponorogo Beri Pelatihan Bagi Pengusaha Kuliner Sate Ayam

i

Gandeng Institut Pertanian Bogor, Forum IKM Ponorogo Beri Pelatihan Bagi Pengusaha Kuliner Sate Ayam

PONOROGO, KABARHIT.COM - Salah satu kuliner tersohor dari Bumi Reyog Ponorogo adalah sate ayam. Sebagai salah satu produk unggulan di Kabupaten Ponorogo, Jatim saat ini sate ayam hanya bisa dikonsumsi sebagai makanan siap saji, sehingga tidak awet karena masa kedaluwarsanya hanya 2 hari untuk suhu ruang.

Sebagai upaya meningkatkan kualitas produk tersebut pihak Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui program Dosen mengabdi pulang kampung melakukan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha sate ayam dan produk makanan lainnya.

Baca Juga: Lomba Burung Berkicau Danpuspenerbal Cup 2024 Meriahkan HUT ke-68 Penerbal 2024

Pelatihan mengambil tema 'Pengenalan Program Manajemen resiko Produk steril komersial Sate Ayam dan Coaching Clinic UMKM' dilaksanakan Kamis (23/11/2023) di aula kantor Dinas PMD Kabupaten Ponorogo.

Baca Juga: Kloter Pertama, Gubernur Adhy Lepas Jemaah haji Emberkasih Surabaya ke Tanah Suci

Acara secara resmi dibuka langsung oleh Toni Sumarsono selaku Kepala Dinas PMD Kabupaten Ponorogo. Sedangkan pemateri dalam acara pelatihan adalah Dr. Tjahja Muhandri, S.TP., MT dan Dr. Fahim M.Taqi, S.TP.,DEA. "Ponorogo ini makanan sangat potensi dikembangkan dengan cara steril komersial misal sate ayam, pindang daging dan lapis daging. Dengan pelatihan ini harapannya masa kedaluwarsa produk sate ayam dan juga produk produi IKM lainnya bisa lebih lama dan pemasaran lebih meluas," beber Dr.Tjahja Muhandri, S.TP.,MT.

Kegiatan yang dihadiri 30 pelaku IKM dari anggota Forum IKM Ponoroogo maupun IKM dari beberapa desa di Kabupaten Ponorogo. "Kegiatan pelatihan ini merupakan tindak lanjut kerjasama IPB dengan IKM Ponorogo sejak 2021 dirasakan sangat bermanfaat bagi para pelaku IKM di Ponorogo dan sangat diperlukan bagi pelaku IKM di sini semoga bisa berkelanjutan," tandas Sunarto selaku Ketua Forum IKM Ponorogo dalam sambutannya. (Muh Nurcholis)

Baca Juga: Pemprov Jatim Mulai Benahi 331 Fasum Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

Artikel ini telah tayang sebelumnya di kabarhit.com dengan judul "Gandeng Institut Pertanian Bogor, Forum IKM Ponorogo Beri Pelatihan Bagi Pengusaha Kuliner Sate Ayam". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU