Mencari Bibit Muda Percasi Surabaya Gelar Lomba Catur Piala Walikota Surabaya 2023

author awsnews.id

- Pewarta

Sabtu, 25 Nov 2023 22:00 WIB

Mencari Bibit Muda Percasi Surabaya Gelar Lomba Catur Piala Walikota Surabaya 2023

i

Mencari Bibit Muda Percasi Surabaya Gelar Lomba Catur Piala Walikota Surabaya 2023

Zonaperistiwa SURABAYA - Dalam rangka Piala Walikota Surabaya 2023, telah digelar Surabaya Chess Championship yang dilaksanakan di BG Junction. Giat tersebut dipersembahkan oleh Pemerintah Kota Surabaya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Surabaya, dan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kota Surabaya. Sabtu, (25/11/2023).

Hari ini lomba catur digelar dengan beberapa slogan yakni; “Catur Surabaya Wani”, “Catur Surabaya Hebat”, “Catur Surabaya Yes”, dan “Catur Surabaya Wani Wani Juara”.

Baca Juga: Seorang Anak Di Bawah Umur Dibawa Kabur oleh Pria yang Dikenalnya Lewat FB

Ketua Percasi Kota Surabaya, Budi Leksono mengungkapkan, selama ini Piala Walikota Surabaya hanya digelar dalam rangka untuk Porprov Jatim. Jadi hari ini, pihaknya mengajukan permohonan ke Walikota untuk persiapan ke depan yang lebih matang. 

“Catur dari Kota Surabaya sampai hari ini alhamdulillah mengalami peningkatan, sebelumnya mendapatkan 3 perunggu dan 1 emas. Target kami selanjutnya yakni mengembalikan jati diri dalam hal juara umum di Porprov VIII Jatim 2024. Di sini kami lebih prioritaskan dan lapor ke KONI dan Dispora Surabaya,” ujarnya di sela kegiatan. 

Buleks, sapaan akrabnya menambahkan, pihaknya terus berusaha mencari bibit pemulai. Diawali dengan anak usia 5 tahun sudah bisa memahami dan mau dalam olahraga catur ini. Harapannya Surabaya kembali menjadi kota gudang prestasi.

“Dulu kita juara umum, maka mulai hari ini kita terus tanamkan, kita ciptakan atlet lewat Piala Walikota Surabaya 2023 ini. Kami ingatkan kepada para orangtua atlet, mencintai Surabaya dan pelatih catur Surabaya. Jangan tergiur sesuatu dari kota lain, Surabaya kota pahlawan, kota perjuangan, dengan adanya turnamen ini, ditegaskan kita harus berprestasi untuk kota Surabaya tercinta.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

“Sehingga kita menciptkan atlet, tapi dinikmati oleh orang lain, itu sering terjadi. Kecuali kalau itu memang mendapatkan mandat dari Pemprov / KONI / orangtuanya atlet untuk bertandang sendiri ke tempat kota/kab lain, kita mewajari itu. Maka kita evaluasi, mulai siang ini, benar-benar kita harus menciptakan bibit-bibit atlet yang selalu nampak di setiap kegiatan Percasi Kota Surabaya,” ucapnya.

Anggota DPRD Kota Surabaya ini menambahkan, semarak dan antusiame warga kota Surabaya yang peduli pada olahraga catur ini juga banyak. Warung Kopi, Pengusaha, dan Dermawan bersedia mensupport dengan menyediakan fasilitas tempat perlombaan catur.

“Hari ini diikuti sebanyak 200 peserta, itupun sudah kita pilah-pilah. Acara ini tanpa sponsor, saya langsung bersama Walikota mendapatkan support untuk menempati BG Junction sebagai tempat perlombaan. Sebagai seremoni awal lomba hari ini, para atlet catur yang berusia 5 tahun pun bertanding melawan yang senior, bukan settingan, tapi ini emang senior yang open main dari Dispora/KONI Surabaya,” ungkapnya.

Baca Juga: Bareskrim Polri Gerebek Kebun Ganja dan Laboratorium Narkoba di Bali

Pesan ataupun target dari Walikota Surabaya, Eri Cahyadi kepada KONI dan Percasi Surabaya yakni, dituntut mendapatkan 200 medali, karena sebelumnya pada Porprov Jatim mendapat sekitar 150-160 medali.

“Jadi saya berjuang keras menggapai target yang sudah ditetapkan Pak Eri. Tidak sama dengan Cabor lain, tentu ini lebih sulit diperjuangkan, namun hal ini menjadi ajang motivasi kami semangat meraih juara umum kembali dengan atlet-atlet catur baru kita dari Surabaya,” tutup Buleks. (Red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di zonaperistiwa.com dengan judul "Mencari Bibit Muda Percasi Surabaya Gelar Lomba Catur Piala Walikota Surabaya 2023". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU