Matangkan Profesionalisme, 15 Anggota Perwali Ikuti Pelatihan Jurnalistik

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 28 Nov 2023 16:45 WIB

Matangkan Profesionalisme, 15 Anggota Perwali Ikuti Pelatihan Jurnalistik

i

Matangkan Profesionalisme, 15 Anggota Perwali Ikuti Pelatihan Jurnalistik

BALI,ZONAPERISTIWA.COM

DENPASAR - Sebanyak 15 anggota Persatuan Wartawan Bali (Perwali) mengikuti pelatihan dasar jurnalistik di Rama's House of Noodles, Jalan Jayagiri III No 4 Denpasar Timur, Senin (27/11/2023).

Baca Juga: Seorang Anak Di Bawah Umur Dibawa Kabur oleh Pria yang Dikenalnya Lewat FB

Secara praktis, dasar jurnalistik yang wajib dimiliki wartawan adalah keahlian meliput peristiwa, menulis berita sesuai fakta, melakukan wawancara, dan menaati Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Dalam kegiatan tersebut berbagai media mulai dari cetak maupun online menyimak penyampaian materi KEJ, Hukum Pers dan teknik penulisan berita oleh Pemimpin Redaksi (Pemred)Gentra.com Rosa Hakim,Pemimpin Redaksi (Pemred)barometerbali.com Ngurah Dibia dan Redaktur wacanabali.com, Nyoman Ady lrawan.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

"Kode etik bagi awak media sangat penting, dikedepankan
agar dalam menulis berita sesuai dengan fakta dan data yang bisa dipertanggungjawabkan," tegas Ngurah Dibia.

Sedangkan pemateri berikutnya Nyoman Ady Irawan memaparkan dasar-dasar jurnalistik yang perlu dan sangat penting dipahami jika ingin menjadi wartawan yang profesional.

Baca Juga: Bareskrim Polri Gerebek Kebun Ganja dan Laboratorium Narkoba di Bali

"Agar tidak dikatain wartawan abal-abal atau 'copy paste', maka seorang wartawan wajib memahami kaidah-kaidah dalam penulisan berita, termasuk kode etik jurnalistik maupun hukum pers agar tidak kena masalah di kemudian hari," pungkas Nyoman Ady. (Tmr/Red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di zonaperistiwa.com dengan judul "Matangkan Profesionalisme, 15 Anggota Perwali Ikuti Pelatihan Jurnalistik". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU