Pemdes Becirongengor Realisasikan Dana Desa Untuk BLT dan Bidang Pendidikan

author awsnews.id

- Pewarta

Kamis, 07 Des 2023 18:30 WIB

Pemdes Becirongengor Realisasikan Dana Desa Untuk BLT dan Bidang Pendidikan

i

Pemdes Becirongengor Realisasikan Dana Desa Untuk BLT dan Bidang Pendidikan

Zonaperistiwa Sidoarjo, Pemerintah desa Becirongengor kecamatan Wonoayu, Sidoarjo membagikan uang bantuan langsung tunai (BLT) kepada 47 warga penerima manfaat. 

Bertempat di pendopo kantor desa, BLT yang diambilkan dari uang Dana Desa (DD) tersebut diberikan langsung tiga bulan mulai Oktober, Nopember dan Desember tahun ini. Dimana masing masing warga penerima mendapatkan Rp 900 ribu (per bulan Rp 300 ribu). 

Baca Juga: Seorang Anak Di Bawah Umur Dibawa Kabur oleh Pria yang Dikenalnya Lewat FB

Menurut Pak Kades, pencairan BLT-DD itu telah melalui proses tahapan ketat seperti musyawarah desa bersama unsur lembaga desa (BPD, RT/RW dsb). ''Betul, hal itu kami lakukan terlebih dulu untuk mengetahui secara akurat kondisi terkini dari warga yang akan kami berikan BLT terkait layak tidaknya,'' ujarnya (7/12/2023).

Prosesi pencarian BLT-DD pada siang hari itu dilaksanakan oleh Pemdes Becirongengor bekerjasama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Delta Artha sebagai lembaga keuangan milik Pemkab Sidoarjo yang ditunjuk menangani proses pencairan bantuan yang menjadi program dari pemerintah pusat ke desa-desa.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

Kegiatan itu terpantau direspon antusias oleh warga penerima. Salah satunya adalah Sumito, kakek berusia 80 tahun tersebut mengaku bungah (gembira) mendapat BLT. ''Alhamdulillah. Terima kasih Pak Lurah. Matur nuwun,'' ujar Sumito lirih.

Desa Becirongengor dibawah kepemimpinan Subhan sejauh ini aktif merealisasikan semua program yang dijalankan baik dari pemerintah kabupaten maupun pemerintah pusat.

Baca Juga: Bareskrim Polri Gerebek Kebun Ganja dan Laboratorium Narkoba di Bali

''Selain BLT ini, kami sejak 2022 lalu juga merealisasikan bantuan dana desa untuk kegiatan pendidikan dalam hal ini kelompok bermain anak usia dini. Semua keperluan belajar mengajar murid kami cover lewat uang dana desa yang kita terima dengan harapan semua anak anak usia dini di desa ini bisa belajar dan bermain di sekolahnya dengan biaya rendah. Tak seperti kelompok bermain diluar sana yang katanya mahal,'' ucap Pak Kades mengakhiri. (Sigit)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di zonaperistiwa.com dengan judul "Pemdes Becirongengor Realisasikan Dana Desa Untuk BLT dan Bidang Pendidikan". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU