Mahasiswa Unitomo Gelar KKN Tematik di Tulangan Sidoarjo

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 12 Des 2023 21:30 WIB

Mahasiswa Unitomo Gelar KKN Tematik di Tulangan Sidoarjo

i

Penyematan Jaket KKN oleh Kalaksa BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito

SIDOARJO,Tikta.id - Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) bersama Pusat Studi Bencana & Lingkungan (PSBL) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, pada Senin (11/12 ).

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (PPM) Tematik Mitigasi Bencana Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 disambut langsung oleh Camat Tulangan, Suprayitno di Pendopo Kecamatan Tulangan.

Baca Juga: Serunya Lomba Ketangkasan Estafet Siswa Satdik -2 Kodiklatal

Kegiatan KKN-PPM bertajuk “Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan Penilaian Ketangguhan Sekolah di Kabupaten Sidoarjo”. 

Camat Tulangan Suprayitno mengaku bangga dengan adanya peserta KKN-PPM dari Unitomo. Sebab dengan kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat dapat memberikan wawasan yang luas utamanya terkait mitigasi bencana.

“Suatu kehormatan bagi kami, KKN dilaksanakan di Kec. Tulangan. Ini akan memberikan wawasan luar biasa terkait mitigasi bencana, khususnya sekolah tangguh bencana. Untuk itu kami pihak kecamatan telah berkoordinasi sebelumnya dengan pihak Unitomo dan sekolah terkait, dan saat ini kami hadirkan kepala sekolah atau perwakilan dalam pembukaan KKN-PPM ini,” ujarnya.

Sementara Sapto Pramono, Kepala LPM menjelaskan, KKN Tematik di Kecamatan Tulangan pada semester ini, diikuti 120 mahasiswa yang dibagi menjadi 3 kelompok yang disebar ke 11 sekolah dasar yang telah dipetakan. 

“Kami bekerjasama dengan Kabupaten Sidoarjo dalam KKN sudah bersinergi sejak lama, semester lalu pun di Sidoarjo Kecamatan Taman, sementara sekarang di Kecamatan Tulangan,” jelasnya.

Baca Juga: Hardikal 2024, Prajurit Jalasena Long March 78 Km

Eny Haryati Kepala Lembaga Penelitian mengatakan, KKN tematik Mitigasi Bencana ini berlangsung 10 hari dan akan dimulai hari ini, 11-20 Desember 2023.

"Dalam waktu yang tidak lama ini, mahasiswa wajib memaksimalkan untuk menyelesaikan program-program yang telah disusun," ucapnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo, Dwijo Prawiro menyampaikan, mahasiswa peserta KKN-PPM akan memberikan seputar pengetahuan Sekolah Tangguh Bencana dan simulasi teknis turunan dari sosialisasi yang dilakukan. 

Baca Juga: Buron Dua Tahun Terduga Pelaku Pembunuhan Mahasiswa Ditangkap

"Materi-materi sosialisasi nantinya merupakan arahan teknis terkait manajemen kebencanaan, juga penggunaan aplikasi INARISK, serta petunjuk pelaksanaan sosialisasi mitigasi kebencanaan bagi siswa di beberapa SDN terpilih”, terang Dwijo.

Dalam sosialisasi akan dibarengi dengan pemberian pengetahuan bencana melalui Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena).

Artikel ini telah tayang sebelumnya di tikta.id dengan judul "Mahasiswa Unitomo Gelar KKN Tematik di Tulangan Sidoarjo". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU