Cegah Kasus Kekerasan Ibu dan Anak Melalui SOTH

author awsnews.id

- Pewarta

Jumat, 29 Des 2023 10:30 WIB

Cegah Kasus Kekerasan Ibu dan Anak Melalui SOTH

i

Eri Cahyadi

SURABAYA, Tikta.id - Dalam mencegah terjadinya kekerasan dan bunuh diri pada ibu dan anak, Pemkot Surabaya mendirikan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di setiap Balai RW Surabaya.

"Ada sekolah orang tua hebat yang ada di setiap Balai RW. Di situ ada psikiater, ada psikolog. Yang di samping bagaimana membentuk keluarga, seorang ibu juga bisa menyampaikan permasalahannya dengan didampingi psikologi-psikolog yang ada di Kota Surabaya," ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Baca Juga: Serunya Lomba Ketangkasan Estafet Siswa Satdik -2 Kodiklatal

Selain itu, pemkot juga memiliki aplikasi berupa Sistem Informasi Pelayanan Perlindungan Perempuan dan Anak (SIAP PPAK). Aplikasi ini bisa digunakan untuk para ibu dan anak perempuan melaporkan atau berkonsultasi tentang permasalahan yang dialami.

Menariknya, aplikasi SIAP PPAK juga menghubungkan pengguna dengan psikolog-psikolog profesional yang siap memberikan bimbingan dan solusi.

"Ini adalah salah satu usaha untuk memberikan perlindungan kepada ibu dan anak," ujarnya.

Baca Juga: Hardikal 2024, Prajurit Jalasena Long March 78 Km

Di lain pihak, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya Rini Indriyani menekankan pentingnya peran ibu dan ayah dalam membentuk keluarga yang harmonis dan bahagia.

"Karena ibu adalah madrasah pertama buat anak-anaknya. Sehingga kalau misalnya ibunya ini kuat secara psikologis, secara ilmu untuk bisa mendidik anak-anak, Insya Allah itu bisa terhindar," kata Rini Indriyani.

Namun demikian, penguatan keluarga juga tidak hanya dari ibu, tapi juga ayah. Menurutnya, dukungan dan bimbingan dari suami sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan ibu dan anak.

Baca Juga: Buron Dua Tahun Terduga Pelaku Pembunuhan Mahasiswa Ditangkap

"Ketika ibunya bahagia disupport sama suami, mendapatkan bimbingan dan arahan dari suami yang benar, Insya Allah anaknya nanti juga menjadi anak-anak yang hebat. Jadi penguatannya bukan hanya dari ibu, tapi juga ayahnya," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di tikta.id dengan judul "Cegah Kasus Kekerasan Ibu dan Anak Melalui SOTH". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU