Tim Mahasiswa ITS Gagas Detektor Hemoglobin Non-invasif

author awsnews.id

- Pewarta

Senin, 29 Jan 2024 22:05 WIB

Tim Mahasiswa ITS Gagas Detektor Hemoglobin Non-invasif

i

Tim Mahasiswa ITS Gagas Detektor Hemoglobin Non-invasif

SURABAYA, KABARHIT.COM - Tim mahasiswa ITS menggagas detektor hemoglobin non-invasif dengan kecerdasan buatan untuk prediksi anemia pada lupus.

Pengembangan detektor hemoglobin non-invasif bernama Hemoglobest menggunakan kecerdasan buatan STM32. Dengan kecerdasan buatan, perangkat ini dapat efisien dalam perhitungan dan mempercepat prediksi anemia. Kecerdasan buatan STM32 dapat menghemat daya dan berfungsi sebagai microcontroller.

Baca Juga: Lomba Burung Berkicau Danpuspenerbal Cup 2024 Meriahkan HUT ke-68 Penerbal 2024

Detektor hemoglobin rancangan Tim Hemoglobest ITS ini nantinya dapat dikhususkan untuk mendeteksi dan memprediksi anemia bagi penderita Systemic Lupus Erythematosus (SLE).

Penderita lupus memerlukan pendekatan khusus dalam mendeteksi penyakit anemia, karena kadar hemoglobin yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan non-lupus.

Ketua Tim Hemoglobest ITS Muhammad Taufiqul Huda menjelaskan, jika anemia pada penderita lupus berpotensi merusak struktur sel organ tubuh.

Hal tersebut dapat terjadi karena perubahan kadar hemoglobin di dalam darah orang normal tidak sedrastis pada penderita lupus.

Baca Juga: Kloter Pertama, Gubernur Adhy Lepas Jemaah haji Emberkasih Surabaya ke Tanah Suci

“Alat ini dilengkapi dengan sistem prediksi anemia sehingga dapat dipakai oleh penderita lupus sebagai peringatan dini,” paparnya.

Detektor hemoglobin non-invasif terbukti menghasilkan limbah lebih sedikit daripada detektor hemoglobin invasif.

Penggunaan alat non-invasif akan mengurangi jumlah limbah medis yang dihasilkan, seperti test strip dan peralatan sekali pakai yang digunakan dalam prosedur invasif.

Baca Juga: Pemprov Jatim Mulai Benahi 331 Fasum Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) ini sukses meraih medali perak pada kategori Presentasi pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36 tahun 2023 lalu.

 

Artikel ini telah tayang sebelumnya di kabarhit.com dengan judul "Tim Mahasiswa ITS Gagas Detektor Hemoglobin Non-invasif". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU