Meriahnya Acara Bersih Desa di Kedung Wonokerto

author awsnews.id

- Pewarta

Rabu, 06 Mar 2024 03:20 WIB

Meriahnya Acara Bersih Desa di Kedung Wonokerto

i

Meriahnya Acara Bersih Desa di Kedung Wonokerto

Zonaperistiwa Sidoarjo, Semangat tetap melestarikan tradisi budaya warisan leluhur ditunjukkan oleh masyarakat Kedung Wonokerto, Prambon bersama jajaran pemerintah desa dengan menggelar tradisi bersih desa pada Senin (4/3/2024) malam berupa pagelaran wayang kulit dan campursari.

Pertunjukan budaya tersebut dipilih sebagai pemuncak dari tradisi budaya rutin yang dilakukan setiap memasuki bulan Ruwah. 

Baca Juga: Seorang Anak Di Bawah Umur Dibawa Kabur oleh Pria yang Dikenalnya Lewat FB

"Ini sesuai permintaan masyarakat yang ingin melaksanakan bersih desa dengan nanggap wayang kulit. Kami selaku pemerintah desa tinggal manut saja," kata Karmidi Kades Kedung Wonokerto

Kemeriahan acara tersebut makin terasa saat pemuda pemudi karang taruna ikut tampil berjoged bersama dengan para punggawa campursari. Seolah mampu menghapus kenangan duka di desa itu dimana bulan lalu pernah dilanda angin puting beliung dahsyat yang viral di berbagai pemberitaan.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

Sementara itu, pagelaran wayang kulit pada malam tersebut mengambil lakon cerita Semar Mbangun Deso dengan dalang Ki Sareh Budi Utomo dari Jombang.

Cerita Semar Mbangun Kayangan penuh dengan nilai nilai falsafah Jawa dimana tokoh Semar sebagai simbol wong cilik atau rakyat jelata yang mencoba membangun kayangan tempat para dewa (penguasa) guna mengembalikan sikap para pemimpin agar berorientasi pada masyarakatnya.

Baca Juga: Bareskrim Polri Gerebek Kebun Ganja dan Laboratorium Narkoba di Bali

Dalam lakon itu pula, Semar menuturkan bila sebagai pemimpin haruslah memiliki rasa asah,asih dan asuh serta ngopeni juga ngayomi kepada warga negaranya.(sigit)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di zonaperistiwa.com dengan judul "Meriahnya Acara Bersih Desa di Kedung Wonokerto". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU