Bahas Keamanan Jelang Hari Raya Nyepi: Polsek Dentim Gelar Jumat Curhat Bersama Para Kadus

author awsnews.id

- Pewarta

Jumat, 08 Mar 2024 09:10 WIB

Bahas Keamanan Jelang Hari Raya Nyepi: Polsek Dentim Gelar Jumat Curhat Bersama Para Kadus

i

Bahas Keamanan Jelang Hari Raya Nyepi: Polsek Dentim Gelar Jumat Curhat Bersama Para Kadus

Polsek Denpasar Timur (Dentim) yang dipimpin Kanit Binmas Iptu I Nyoman Sujana S.H.,mewakili Kapolsek Dentim Kompol Nyoman Darsana S.H.,menggelar kegiatan Jumat Curhat yang diadakan di Bale Pesandekan Pura Desa Lan Puseh Desa Adat Kesiman, Denpasar Timur. Kegiatan yang diikuti oleh Para Kadus SeDesa Kesiman Petilan dan Jero Mangku Pura Desa Lan Puseh tersebut bertujuan untuk membahas isu-isu keamanan selama menjelang pelaksanaan Hari Raya Nyepi Caka 1946, Jumat (08/03/2024) pukul 09.00 Wita.

 

Baca Juga: Seorang Anak Di Bawah Umur Dibawa Kabur oleh Pria yang Dikenalnya Lewat FB


Kegiatan ini menjadi wadah bagi warga masyarakat setempat untuk berinteraksi langsung dengan aparat kepolisian, dimana mereka dapat menyampaikan keluh kesah, serta berbagi informasi terkait potensi kerawanan keamanan. Jumat Curhat yang diadakan saat ini menjadi forum terbuka bagi para Kepala Dusun (Kadus) SeDesa Kesiman Petilan untuk menjalin komunikasi yang lebih erat dengan pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Dentim.

 


Dalam Sambutannya Iptu I Nyoman Sujana S.H.,menyampaikan pentingnya semangat kerukunan dan toleransi dalam menciptakan Kondusifitas keamanan wilayah menjelang Hari Raya Nyepi. Keberagaman dan persatuan adalah aset berharga. Mari jaga kerukunan, hindari konflik, dan bersama-sama ciptakan masa depan yang aman dan damai.

 


Sebagai bentuk keterlibatan aktif warga masyarakat dalam menjaga keamanan menjelang Hari Raya Nyepi, Jumat Curhat Polsek Dentim membahas berbagai aspek, termasuk upaya pencegahan dan penanganan potensi Konflik serta strategi keamanan.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

 


Dalam sesi dialog salah satu Kadus menyampaikan terkait kemungkinan timbulnya ketegangan atau konflik antar Banjar ketika pelaksanaan Pawai Ogoh-ogoh pada saat Upacara Pengerupukan. Sehingga perlu adanya strategi bagaimana mengidentifikasi penyebab potensial konflik dan strategi untuk mencegahnya.

 


Dalam mengantisipasi potensi konflik antar Banjar selama Pawai Ogoh-ogoh pada saat Upacara Pengerupukan, Kanit Binmas Polsek Dentim Iptu I Nyoman Sujana S.H., mengatakan perlunya mengambil Langkah-langkah dengan melibatkan identifikasi ketegangan, memfasilitasi pertemuan dialog antar perwakilan Banjar dan melakukan komunikasi terbuka serta mensosialisasikan tentang makna kegiatan sebagai perayaan budaya dan edukasi masyarakat terkait pentingnya kerjasama dalam menciptakan keamanan menjadi fokus penting. Dengan memastikan keamanan melalui kehadiran petugas, serta kesiapan Petugas Kepolisian dalam penanganan konflik cepat, Kanit Binmas berupaya menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis. 

Baca Juga: Bareskrim Polri Gerebek Kebun Ganja dan Laboratorium Narkoba di Bali

 


Iptu Sujana berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah konkret dalam menciptakan lingkungan yang aman dan menggalang partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan menjelang Perayaan Hari Raya Nyepi.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di zonaperistiwa.com dengan judul "Bahas Keamanan Jelang Hari Raya Nyepi: Polsek Dentim Gelar Jumat Curhat Bersama Para Kadus". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU