Satreskrim Polrestabes Surabaya Bekuk Pelaku Pembunuhan Nelayan Kepiting

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 26 Mar 2024 10:05 WIB

Satreskrim Polrestabes Surabaya Bekuk Pelaku Pembunuhan Nelayan Kepiting

i

Satreskrim Polrestabes Surabaya Bekuk Pelaku Pembunuhan Nelayan Kepiting

Zonaperistiwa, Surabaya - Peembunuhan seorang nelayan kepiting, hari Selasa 19 Maret 2024. Berhasil di ungkap Satreskrim Polrestabes Surabaya dan berhasil mengamankan satu orang pelaku SH alias W (42) tahun asal Keputih Tambak. 

Korban di ketahui bernama M. Hardoyo asal Medokan Semampir berusia 45 tahun itu ditemukan tewas bersimbah darah di sebuah tambak kawasan Keputih Sukolilo.Surabaya.

Baca Juga: Seorang Anak Di Bawah Umur Dibawa Kabur oleh Pria yang Dikenalnya Lewat FB

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Hendro Sukmono menjelaskan, pelaku pembunuhan adalah SH alias W. Pria 42 tahun ini asal Keputih Tambak, sesama nelayan tambak. Ia tega melancarkan aksinya tersebut karena dendam pribadi terhadap perlakuan korban atas dirinya.

"Berawal dari kejadian satu bulan yang lalu, dimana antara korban dan tersangka memiliki perselisahan yaitu perebutan wilayah tambak kepiting. Lalu ada cekcok dan korban lalu melempar kendaraan tersangka ke tambak dan menyulut dendam dari tersangka," jelas Hendro di konferensi pers, Senin (25/03/24). 

Hendro melanjutkan, pelaku lalu merencanakan untuk membunuh korban pada Senin 18 Maret 2024 malam dan berangkat menuju tambak, sambil membawa senjata tajam berupa celurit

"Tersangka berangkat lebih awal pada pukul 18.00 WIB, sambil membawa clurit namun kemudian kembali ke rumah karena perlengkapan seroknya tertinggal clurit disimpan di semak. Tersangka lalu berangkat ke tambak dan tiba pukul 19.30 WIB lalu menunggu korban," terangnya.

Hendro mengatakan, korban awalnya berangkat bersama dua rekannnya, lalu berpisah karena area tambak mereka yang berbeda. Melihat situasi yang memungkinkan, pelaku kemudian melancarkan aksinya terhadap korban.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

"Pelaku rencananya akan memenggal leher korban menggunakan clurit, namun yang dibacok malah dada sebelah kiri. Korban yang terluka lalu berusaha melarikan diri dan pelaku juga lari karena khawatir dan memutuskan kabur sampai ke Jember," jelasnya. 

Hendro menuturkan, Korban yang terluka dan bersimbah darah kemudian lari menyelematkan diri dan meninggal dunia beberapa waktu sesudahnya.

"Korban berlari dari titik pembacokan sampai 300 meter dan meninggal dunia, di TKP penemuan mayat," tuturnya 

Tim gabungan kepolisian berhasil menangkap pelaku pada Kamis 21 Maret 2024 sekitar pukul 16.00 WIB, di Desa Kemuningsari Lor, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

Baca Juga: Bareskrim Polri Gerebek Kebun Ganja dan Laboratorium Narkoba di Bali

Pihak kepolisian berhasil mengamankan berbagai barang bukti, seperti dari celurit, serok, sebuah jirigen, tali gulung rafia, pakaian korban, hingga satu ekor kepiting hasil tangkapan.

Atas perbuatannya, tersangka SH dijerat dengan pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana, dengan hukuman mati atau penjara seumur hidup atau penjara selama-lamanya 20 tahun.(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di zonaperistiwa.com dengan judul "Satreskrim Polrestabes Surabaya Bekuk Pelaku Pembunuhan Nelayan Kepiting". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU