Kepedulian TNI Terhadap Kemanusiaan, Kepala Staf TNI AL Hadir Pada Pengiriman Bantuan Untuk Gaza

author awsnews.id

- Pewarta

Sabtu, 30 Mar 2024 10:15 WIB

Kepedulian TNI Terhadap Kemanusiaan, Kepala Staf TNI AL Hadir Pada Pengiriman Bantuan Untuk Gaza

i

Kepedulian TNI Terhadap Kemanusiaan, Kepala Staf TNI AL Hadir Pada Pengiriman Bantuan Untuk Gaza

Jakarta || IPERS - Sebagai wujud kepedulian TNI terhadap korban konflik di Gaza, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menghadiri acara pemberangkatan pengiriman bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia kepada Palestina yang dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bertempat di Apron Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (29/03).

Panglima TNI dalam amanatnya menyampaikan bahwa pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina ini merupakan tindak lanjut permintaan kebutuhan payung udara dari pemerintah Yordania kepada Kedutaan Besar RI di Yordania yang berinisiatif mengirimkan bantutan kemanusiaan ke Jalur Gaza dengan metode Air Drop.

Baca Juga: Polisi Berhasil Amankan Tersangka Curanmor Beraksi 20 TKP di Surabaya

Misi pengiriman bantuan kemanusiaan ini dipimpin oleh Mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto, Komandan Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma beserta 26 kru pesawat yang terdiri dari personel TNI dan perwakilan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dengan membawa Perlengkapan dan peralatan militer berupa 900 Payung Utama Orang (PUO) dan 50 Set Peralatan LCLA (Low Cost Low Altitude) untuk mengirim bantuan kemanusiaan via udara dengan metode airdrop dengan berat maksimal 14 ton. 

Acara pemberangkatan pengiriman bantuan kemanusiaan yang turut dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta pejabat di lingkungan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan ini merupakan salah satu implementasi visi TNI yang PRIMA untuk membantu saudara-saudara yang sedang membutuhkan bantuan di Palestina

Baca Juga: Berawal dari Tangani Kecelakaan, Polres Sampang Berhasil Ungkap Dugaan Curanmor TKP di Pamekasan

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu,  TNI AL dalam hal ini Satgas Port Visit Mesir 2024 dengan menggunakan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 telah menuntaskan misi pengiriman bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza selama lebih dari 50 hari dan tiba di Indonesia pada tanggal 15 Maret 2024 lalu. Bantuan kemanusiaan telah dikirimkan menuju Pelabuhan El Arish Mesir dan diserahkan kepada Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah) yang diterima oleh perwakilan ERC Ahmed Buhaeri Ali di Pelabuhan El Arish untuk selanjutnya didistribusikan kepada korban konflik Gaza.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.  (ANS)

Baca Juga: Kapolda Jatim Resmikan Sejumlah Faskes Rumah Sakit Bhayangkara di Jawa Timur

Artikel ini telah tayang sebelumnya di indonesiapers.com dengan judul "Kepedulian TNI Terhadap Kemanusiaan, Kepala Staf TNI AL Hadir Pada Pengiriman Bantuan Untuk Gaza". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU