SURABAYA, KABARHIT.COM Selama dimulainya masa angkutan lebaran 2024 mulai 31 Maret hingga 21 April 2024, KAI Daop 8 Surabaya berkomitmen untuk menjaga keselamatan, pelayanan dan juga tingkat ketepatan waktu keberangkatan serta kedatangan KA. Hingga hari ke 14 pelaksanaan masa angkutan lebaran 2024, Sabtu (13/4), KAI Daop 8 mencatat tingkat ketepatan waktu (On Time Performance) keberangkatan KA jarak jauh di Daop 8 Surabaya mencapai 100%. Sedangkan tingkat ketepatan waktu kedatangan KA jarak jauh di stasiun Daop 8 Surabaya saat ini mencapai 99%.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyatakan bahwa ketercapaian ini merupakan bentuk komitmen perusahaan yang didukung oleh semangat dan dedikasi para pekerja KAI untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik, khususnya di masa Angkutan Lebaran 2024. Hal ini juga didukung oleh para stakeholder KAI yang turut mendukung pelayanan angkutan lebaran pada tahun ini sehingga bisa berjalan dengan sebaik-baiknya.
Baca Juga: Lomba Burung Berkicau Danpuspenerbal Cup 2024 Meriahkan HUT ke-68 Penerbal 2024
"Para petugas berdedikasi penuh memberikan pelayanan pada pelanggan pada arus mudik dan balik di masa Angkutan Lebaran," ungkapnya.
Luqman Arif menambahkan, bahwa KAI memiliki SDM yang berkompeten di bidang masing-masing, sehingga dapat menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan KA, serta terus menghadirkan berbagai pelayanan maupun fasilitas yang inovatif dan mengikuti perkembangan zaman.
"KAI terus berusaha menjadikan transportasi kereta api sebagai pilihan utama bagi masyarakat dalam melakukan mobilitas, terutama masa Angkutan Lebaran, dengan keunggulan selamat, aman, nyaman, tepat waktu, dan bebas kemacetan," tambahnya.
_*Memasuki Arus Balik, Lebih Dari 19 Ribu Pelanggan Berangkat dari Daop 8 Surabaya*_
Memasuki masa arus balik pada Angkutan Lebaran 2024 ini, okupansi pelanggan pada Sabtu (13/4), berdasar data pukul 11.00 wib, KAI Daop 8 Surabaya mencatat sebanyak 19.666 pelanggan yang berangkat, dan 25.872 pelanggan yang turun di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. Berikut data naik & turun pelanggan di 3 stasiun keberangkatan di Daop 8 Surabaya :
1. Stasiun Surabaya Gubeng
- Naik : 5.351 pelanggan
- Turun : 9.136 pelanggan
Baca Juga: Kloter Pertama, Gubernur Adhy Lepas Jemaah haji Emberkasih Surabaya ke Tanah Suci
2. Stasiun Surabaya Pasarturi
- Naik : 5.318 pelanggan
- Turun : 6.751 pelanggan
3. Stasiun Malang
- Naik : 2.752 pelanggan
- Turun : 3.967 pelanggan
"Data ini masih akan terus bertambah, karena KAI masih membuka penjualan tiket selama ketersediaan tiket KA jarak jauh masih ada," ucap Luqman Arif.
Luqman Arif menambahkan, masa arus balik di wilayah KAI Daop 8 Surabaya mulai Jumat (12/4) s.d Minggu (21/4), atau H+1 hingga H+10 lebaran, telah terpesan sebanyak 152.617 tiket. Berikut data okupansi tertinggi pelanggan yang berangkat selama masa arus balik di Daop 8 Surabaya :
Baca Juga: Pemprov Jatim Mulai Benahi 331 Fasum Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean
- Jumat (12/4) H+1 : 22.077 pelanggan;
- Sabtu (13/4) H+2 : 19.666 pelanggan;
- Minggu (14/4) H+3 : 19.962 pelanggan;
- Senin (15/4) H+4 : 18.431 pelanggan;
Luqman Arif menambahkan, jumlah ketersediaan tiket KA jarak jauh di Daop 8 Surabaya masih cukup banyak, sehingga masyarakat dapat segera memesan tiket selagi cuti bersama dari pemerintah masih berlangsung.
"Untuk informasi tentang ketersediaan tiket arus balik pada angkutan lebaran 2034, masyarakat dapat melihatnya di aplikasi Access by KAI. Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan", tutup Luqman Arif.
Artikel ini telah tayang sebelumnya di kabarhit.com dengan judul "Ketepatan Waktu KA Berangkat di Daop 8 Selama Angkutan Lebaran 2024 100 Persen". lihat harikel asli disini
Editor : Redaksi