MTEL Resmi Akuisisi 54 Menara Telekomunikasi XL Axiata

awsnews.id
MTEL Resmi Akuisisi 54 Menara Telekomunikasi XL Axiata

JAKARTA | ARTIK.ID - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau yang dikenal dengan nama Mitratel, telah resmi mengakuisisi sebanyak 54 menara telekomunikasi milik PT XL Axiata Tbk (EXCL). Akuisisi ini merupakan bagian dari strategi MTEL untuk memperluas jaringan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

Direktur Investasi dan Sekretaris Perusahaan MTEL, Hendra Purnama mengatakan, pihaknya telah menandatangani dokumen pengalihan menara telekomunikasi dengan EXCL pada 25 September 2023 kemarin.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

“Tambahan menara telekomunikasi akan semakin memperkuat posisi perseroan di industri penyediaan infrastruktur telekomunikasi,” kata Purnama, lewat keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Nilai transaksi akuisisi menara tersebut adalah sebesar Rp36,62 miliar. Selain itu, MTEL juga sepakat untuk menyewakan kembali sebanyak 53 menara telekomunikasi tersebut kepada EXCL. Hal ini menunjukkan adanya sinergi antara kedua perusahaan dalam menyediakan layanan telekomunikasi yang berkualitas.

Ranty Astari Rachman, Sekretaris Perusahaan EXCL, mengatakan transaksi pengalihan dan penyewaan kembali menara telekomunikasi tersebut tidak berdampak signifikan terhadap perusahaan. “Tidak ada dampak yang material terhadap kegiatan operasional, status hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan,” kata Rachman.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Data idnfinancials.com menunjukkan bahwa MTEL memiliki kas dan setara kas yang cukup besar yaitu Rp3,81 triliun per 30 Juni 2023. Total aset perseroan tercatat sebesar Rp56,79 triliun dan total ekuitasnya sebesar Rp33,06 triliun.

Dengan akuisisi ini, MTEL berharap dapat meningkatkan kinerja keuangan dan operasionalnya di masa depan.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "MTEL Resmi Akuisisi 54 Menara Telekomunikasi XL Axiata". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru