HUT TNI ke 78 di Silang Monas Jakarta, Presiden Joko Widodo Menjadi Inspektur Upacara

awsnews.id
HUT TNI ke 78 di Silang Monas Jakarta, Presiden Joko Widodo Menjadi Inspektur Upacara

JAKARTA | ARTIK.ID - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 di Silang Monas, Jakarta, Rabu (5/10/2023). Upacara dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam rang kaian acara, TNI menggelar parade pasukan dan alutsista secara besar-besaran, TNI AD menghadirkan kendaraan Musik Militer Mobile.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Kendaraan ini digunakan untuk meningkatkan moril para Prajurit TNI. Mobil Musik Militer Mobile ini diprakarsai oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Peringatan HUT TNI sendiri diperingati setiap tanggal 5 Oktober berdasarkan momen pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945, yang menjadi cikal bakal TNI saat ini. TKR sebelumnya bernama perubahan nama Badan Kesatuan Rakyat (BKR).

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Sedangkan Nama Tentara Nasional Indonesia (TNI) diresmikan pada tanggal 3 Juni 1947 oleh Presiden Soekarno. Tujuannya untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata, yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat yang ada di Indonesia.

(ara)

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "HUT TNI ke 78 di Silang Monas Jakarta, Presiden Joko Widodo Menjadi Inspektur Upacara". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru