Disbudpar Jawa Timur Gelar Rembug Desa di Hotel Aliante Malang

awsnews.id
Disbudpar Jawa Timur Gelar Rembug Desa di Hotel Aliante Malang

SURABAYA | ARTIK.ID - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Rembug Desa 2023, yang dilaksanakan di Hotel Aliante, 4 - 6 Oktober 2023.

Rembug Desa mengajak peserta yang terdiri dari 60 peserta pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Yakni Desa Wisata Semen-Kabupaten Blitar, Desa Wisata Pandean-Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Tirta Agung - Kabupaten Bondowoso, Desa Wisata Aengtongtong-Kabupaten Sumenep dan Pelaku Pariwisata Sidoarjo untuk mengkaji lebih lanjut pengelolaan desa wisata.

Dalam kesempatan tersebut terdapat beberapa narasumber antara lain Bambang Setiawan, Mm (Lsp Pariwisata Phuri Nusantara) dengan materi Dasar-Dasar Strategi Kepemanduan di Desa Wisata, PT. Odifa Jelajah Dunia dengan materi Strategi Kepemanduan di Desa Wisata dan materi Pelayanan Prima, Andrian Wicaksono Annur dengan materi Pelatihan Kepemanduan Outbound. Selanjutnya Djalanin.Com dengan materi Paket Wisata Online.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiyono menyampaikan, sebagai bentuk kolaborasi pentahelix, ia mengajak sepakat untuk berkomitmen dalam mendorong ekonomi Jawa Timur melalui desa wisata dan kampung wisata.

Menurutnya, desa-desa terpilih diharapkan dapat memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Timur baik manfaat ekonomis dan sosial terhadap masyarakat di daerah sekitarnya

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Susiati sekaligus ketua panitia menyampaikan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memperkuat akses, memperluas jejaring kerja antar Kelompok Sadar Wisata di dalam mengembangkan produk yang ada di desa wisata.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada pengelola desa wisata berupa sertifikasi profesi pramuwisata supaya dapat meningkatkan profesionalitas dalam pelayanan, pemberian informasi dan story telling sehingga dapat meningkatkan daya saing dalam industri pariwisata," papar Susiati.

Rembug Desa mengajak peserta untuk mempelajari best practice desa wisata dengan mengunjungi Kampung Wisata Heritage Kayutangan Kota Malang dan Desa Wisata Ketapanrame.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Disbudpar Jawa Timur Gelar Rembug Desa di Hotel Aliante Malang". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru