Ingin Menyaksikan Gerhana Cincin Api yang Tidak Terlihat dari Indonesia, Ini Caranya

awsnews.id
Ingin Menyaksikan Gerhana Cincin Api yang Tidak Terlihat dari Indonesia, Ini Caranya

JAKARTA | ARTIK.ID - Jangan lewatkan Gerhana Matahari Cincin Api yang akan terjadi pada akhir pekan ini. Gerhana ini adalah salah satu jenis gerhana matahari yang paling menakjubkan, karena akan membuat matahari tampak seperti cincin api di langit.

Gerhana Matahari Cincin Api terjadi ketika bulan berada di titik terjauh dari bumi dalam orbitnya, sehingga ukurannya tidak cukup besar untuk menutupi seluruh permukaan matahari. Akibatnya, ada cahaya matahari yang masih terlihat di sekeliling bulan, membentuk cincin yang indah.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Sayangnya, Gerhana Matahari Cincin Api ini tidak akan bisa dilihat secara langsung di Indonesia, karena hanya akan terjadi di beberapa wilayah di Amerika Utara dan Selatan. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena fenomena itu masih bisa disaksikan secara online melalui siaran langsung yang akan disiarkan oleh NASA.

NASA akan menyiarkan Gerhana Matahari Cincin Api ini dari tiga lokasi berbeda, yaitu Albuquerque, New Mexico, Kirbyville, Texas, dan White Sands.

Siaran ini akan dimulai pada Sabtu, 14 Oktober 2023 pukul 22:30 WIB dan bisa ditonton di berbagai platform milik NASA, seperti website resmi (https:https://www.nasa.gov/), aplikasi NASA (https:https://www.nasa.gov/apps/), Twitter (https://twitter.com/nasa), Facebook (https:https://www.facebook.com/events/257401430535836), dan Youtube (https:https://www.youtube.com/watch?v=LlY79zjud-Q).

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Gerhana Matahari Cincin Api ini akan berlangsung selama sekitar 50 menit, dimulai dari pukul 23:13 WIB hingga 00:03 WIB.

Gerhana ini akan terlihat di beberapa negara bagian AS, seperti Oregon, Nevada, Utah, New Mexico, dan Texas. Selain itu, gerhana ini juga akan terlihat di beberapa negara lain, seperti Meksiko, Belize, Honduras, Panama, dan Kolombia dan berakhir di lepas pantai Atlantik Amerika Selatan di Natal, Brasil.

Jika kamu berada di salah satu wilayah yang bisa melihat gerhana ini secara langsung, pastikan kamu melindungi mata dengan alat khusus, seperti kacamata gerhana atau filter matahari. Jangan pernah melihat gerhana matahari secara langsung tanpa perlindungan, karena bisa merusak penglihatan.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Ingin Menyaksikan Gerhana Cincin Api yang Tidak Terlihat dari Indonesia, Ini Caranya". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru