Menlu Iran Minta Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB Selidiki Kejahatan Israel

awsnews.id
Iranian Foreign Minister Hossein Amir Abdollahian © Alexander Shcherbak/TASS

JAKARTA | ARTIK.ID - Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian meminta Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB untuk mengambil tindakan guna segera melindungi hak-hak rakyat Palestina dan meminta pertanggungjawaban Israel atas kejahatan perang yang dilakukannya.

Hal itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Republik Islam dalam sebuah pernyataan di akun X.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Dalam suratnya kepada Volker Turk, menteri Iran mengecam pelanggaran berat dan sistematis yang dilakukan rezim Zionis terhadap hak asasi manusia warga Palestina.

Menurutnya, Saat ini Teheran mengharapkan PBB mengambil langkah-langkah untuk segera menghentikan kekerasan dan menahan mereka yang melakukan perang, serta kejahatan terhadap kemanusiaan untuk dipertanggungjawabkan.

"Impunitas seperti ini telah memberikan keberanian bagi rezim Zionis untuk melakukan kejahatan. Komunitas internasional, termasuk badan tertinggi hak asasi manusia PBB, harus secara serius memenuhi tugasnya untuk meminta pertanggungjawaban rezim Zionis,” kata diplomat top Iran tersebut.

Menurut Abdollahian, retorika pemerintah Israel seiring dengan serangan Israel yang terus berlanjut di Jalur Gaza menunjukkan bahwa ini adalah kampanye genosida terhadap rakyat Palestina.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

“Serangan rezim Zionis menjadi begitu intensif sehingga menunjukkan bahwa serangan tersebut ditujukan untuk pembunuhan massal rakyat Palestina di Gaza,” ungkapnya.

Bahkan dirinya menyebut, bahwa pengungsian paksa rakyat Palestina oleh Israel dan tindakan militernya di Gaza sangat bertentangan dengan hukum internasional.

“Warga Palestina tidak aman dimanapun di Gaza, karena rezim Israel memberlakukan ‘blokade total’ di jalur kecil tersebut dan secara ilegal memutus pasokan air, makanan, bahan bakar dan listrik ke wilayah tersebut,” kata Abdollahian.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Menlu Iran Minta Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB Selidiki Kejahatan Israel". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru