Proyek KF 21 Boramae Idonesia Terancam Mandek Sebab RI Tidak Punya Uang

awsnews.id
Proyek KF 21 Boramae Idonesia Terancam Mandek Sebab RI Tidak Punya Uang

JAKARTA | ARTIK.ID - Kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan dalam proyek pesawat tempur KFX/IFX atau KF-21 Boramae masih berlanjut meski ada kendala anggaran.

Hal ini ditegaskan oleh Marsekal Pertama TNI Dedy Laksmono, Direktur Teknologi dan Industri Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan, dalam sebuah lokakarya yang diadakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) di Jakarta pada hari Jumat, (27/10/2023).

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

"Program ini adalah program prioritas nasional dan kerja sama antarnegara. Jadi, siapa pun yang memimpin pemerintah harus melanjutkan program ini," ujar Dedy.

Dedy menanggapi isu yang beredar tentang terhentinya pembayaran komitmen cost-share Indonesia untuk proyek KFX/IFX.

Sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangani pada tahun 2014, Indonesia harus membayar 20 persen dari total biaya pengembangan pesawat tempur generasi 4,5 tersebut, yang mencapai Rp100 triliun. Sisanya, 60 persen ditanggung oleh pemerintah Korea Selatan dan 20 persen oleh perusahaan KAI.

Namun, Dedy mengakui bahwa anggaran negara tidak mencukupi untuk memenuhi kewajiban tersebut.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Ia mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan hanya bisa mengalokasikan sekitar Rp1,5 triliun per tahun untuk proyek KFX/IFX, padahal kebutuhan pembayaran cost-share mencapai sekitar Rp14 triliun hingga tahun 2026.

"Kami sudah berusaha minta penambahan anggaran, tetapi Menteri Keuangan bilang tidak bisa," kata Dedy.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia dan Korea Selatan masih terus berdiskusi untuk mencari jalan keluar dari masalah ini.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

"Kami berharap bisa menyelesaikan kewajiban ini. Kami juga tidak mau mengecewakan Korea Selatan yang sudah bekerja sama dengan kita," kata Dedy.

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Proyek KF 21 Boramae Idonesia Terancam Mandek Sebab RI Tidak Punya Uang". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru