Khofifah Menilai Potensi OPOP Jatim Melampaui Harapan, Bahkan Sudah Ada yang Ekspor

awsnews.id
Khofifah Menilai Potensi OPOP Jatim Melampaui Harapan, Bahkan Sudah Ada yang Ekspor

SURABAYA | ARTIK.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara Jambore One Pesantren One Product (OPOP) Jawa Timur Tahun 2023 di Gor Untung Suropati, Kota Pasuruan, pada Rabu (29/11/2023) malam.

Acara yang bertajuk "Unjuk Potensi, Raih Prestasi" ini bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada peserta OPOP melalui benchmarking dan best practice sehingga dapat meningkatkan fungsi pemberdayaan ekonomi melalui program Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pesantren-(EKO-Tren) OPOP Jawa Timur.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa OPOP memiliki perjalanan panjang sehingga bisa sampai ke acara Jambore OPOP Tahun 2023 ini.

"OPOP ini punya potensi yang luar biasa, kalau di pesantren itu santrinya banyak, pasti kebutuhannya juga banyak. Kalau kebutuhannya bisa dipasok dari produk-produk pesantren, itu bisa didistribusikan ke pesantren-pesantren lain. Nah, ini potensi yang luar biasa," jelas Gubernur Khofifah.

Selain untuk memenuhi kebutuhan internal pesantren, produk-produk pesantren juga bisa didistribusikan ke luar pesantren.

Bahkan, ada beberapa produk pesantren yang sudah diekspor ke luar negeri, seperti daun tales ke Jepang dan Australia, serta daun kelor ke Jerman.

"Dengan adanya produk-produk pesantren yang berkualitas, kita bisa meningkatkan daya saing ekonomi pesantren. Ini bagus banget," ujar Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah juga mengapresiasi pencapaian OPOP yang telah melebihi target.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Target awal OPOP adalah mencetak 1.000 wirausahawan santri putri pada tahun 2024, tetapi pada Juli 2023 sudah tercapai 1.000 wirausahawan santri putri, bahkan sekarang mungkin sudah mencapai 1.400.

"Ini luar biasa. Saya berharap ke depan OPOP bisa semakin berkembang dan menemukan format yang lebih produktif," pungkas Gubernur Khofifah.

Pada acara Jambore OPOP Jawa Timur Tahun 2023 ini, Gubernur Khofifah juga berkesempatan menyerahkan beberapa penghargaan kompetisi OPOP Award 2023 kategori pesantrenpreneur dan santripreneur.

Selain itu, secara simbolis Gubernur Khofifah juga menyerahkan dana hibah OPOP kepada Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) Modern Surya Buana Malang dan beberapa santunan BPJS lainnya.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Acara Jambore OPOP Jawa Timur Tahun 2023 ini turut dihadiri oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, Kepala Diskop UKM Jatim Andromeda Qomariah, Kepala Disperindag Jatim, Iwan S. Hut, dan Sekjen OPOP Jatim Mohammad Ghofirin.

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Khofifah Menilai Potensi OPOP Jatim Melampaui Harapan, Bahkan Sudah Ada yang Ekspor". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru