Menteri Luar Negeri Rusia Prihatin, Tiga Pilar Keamanan OSCE Terdegradasi Total

awsnews.id
Menteri Luar Negeri Rusia Prihatin, Tiga Pilar Keamanan OSCE Terdegradasi Total

JAKARTA | ARTIK ID - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Jumat (1/12) mengatakan, ketiga dimensi keamanan di bawah naungan Organisasi Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE) telah gagal total.

“Kita bisa melihat degradasi total terhadap segala sesuatu yang telah terjadi sebelumnya di OSCE dan sebagai bagian dari pertemuan sebelumnya mengenai keamanan dan kerja sama di Eropa," kata Lavrov.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Degradasi itu terhadap segala sesuatu yang telah terjadi melalui ketiga dimensi yakni keamanan, politik dan militer, keamanan. ekonomi dan lingkungan hidup, serta kemanusiaan.

Hal itu dengan tegas disampaikan Lavrov pada konferensi pers setelah partisipasinya dalam pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri OSCE. Diplomat terkemuka Rusia tersebut menunjuk pada kegagalan di bidang politik dan militer.

“Termasuk penolakan untuk meratifikasi perjanjian yang disesuaikan mengenai kekuatan konvensional di Eropa. Banyak perjanjian lain yang membantu menjaga keseimbangan keamanan juga telah dihancurkan,” imbuh Lavrov.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Semua hal di bidang ekonomi juga telah hancur. Kelompok kedua telah dirusak oleh sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dijatuhkan oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat terhadap Rusia.

Pada Kamis (29/11), Lavrov berpidato di pertemuan pleno Dewan Menteri Luar Negeri OSCE di Skopje, Makedonia Utara, dan mengadakan sejumlah pertemuan bilateral serta pembicaraan trilateral dengan mitranya dari Makedonia Utara, Bujar Osmani, dan Menteri Luar Negeri Malta Ian Borg, yang mewakili petahana.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Menteri Luar Negeri Rusia Prihatin, Tiga Pilar Keamanan OSCE Terdegradasi Total". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru