Polri Gandeng Mahasiswa Jatim Jaga Pemilu 2024 Damai dan Aman

awsnews.id
Polri Gandeng Mahasiswa Jatim Jaga Pemilu 2024 Damai dan Aman

SURABAYA | ARTIK.ID - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggandeng mahasiswa Jawa Timur untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai dan aman.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi digelar di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Kamis (7/12/2023), diikuti oleh mahasiswa perwakilan dari 44 universitas di Jawa Timur.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Dalam kesempatan itu, Direktur Pembinaan Ketertiban Masyarakat Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen. Pol. M. Rudy Syafirudin, memberikan paparan mengenai pentingnya partisipasi aktif mahasiswa dalam Pemilu.

Rudy Syafirudin menekankan bahwa peran mahasiswa sangat strategis dalam membentuk masa depan bangsa, dan keterlibatan mereka dalam pemilihan pemimpin merupakan bentuk kontribusi positif.

Dirinya juga mengedukasi mahasiswa mengenai prinsip-prinsip demokrasi, hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta pentingnya menjaga toleransi dan kerukunan di tengah perbedaan pandangan politik.

"Dengan pendekatan yang santun dan informatif, Saya berharap mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi masyarakat," ujarnya.

Selain itu, Rudy Syafirudin juga memberikan penjelasan mengenai mekanisme pemilu, tata cara pemilihan, dan bagaimana menghindari konflik yang mungkin timbul selama proses pemilu.

Acara ini juga menjadi momentum bagi mahasiswa untuk berdialog langsung dengan perwakilan kepolisian. Mahasiswa diundang untuk menyampaikan aspirasi, kekhawatiran, dan saran mereka terkait keamanan selama proses pemilu.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Kegiatan semacam ini menciptakan ruang terbuka bagi diskusi yang konstruktif antara aparat kepolisian dan masyarakat," ujarnya..

Langkah-langkah preventif seperti ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan pemilu yang kondusif, di mana setiap warga negara merasa aman dan nyaman dalam menyalurkan hak pilih mereka.

Rudy Syafirudin memberikan hipotesis, bahwa sinergi antara kepolisian dan masyarakat, khususnya mahasiswa, adalah kunci keberhasilan dalam mewujudkan Pemilu yang damai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dirbinmas Polda Jatim Kombespol Asep Irpan Rosadi.,M.pa dan Wakil Rektor III UIN Sunan Ampel Surabaya, Abdul Muhid l.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Kegiatan menghadirkan dua narasumber, yakni Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin dan Kepala Bakesbangpol Jatim Eddy Supriyanto yang dimoderatori oleh AKBP Bahrum Nasikin.

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Polri Gandeng Mahasiswa Jatim Jaga Pemilu 2024 Damai dan Aman". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru