Gubernur Khofifah Resmikan Pintu Perlintasan KA dan Pos Jaga di Banyuwangi

awsnews.id
Gubernur Khofifah Resmikan Pintu Perlintasan KA dan Pos Jaga di Banyuwangi

BANYUWANGI | ARTIK.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan pintu perlintasan sebidang kereta api dan Pos Jaga Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 79 di Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (16/12/2023).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pemecahan kendi oleh Gubernur Khofifah bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Turut hadir Ketua Komisi D DPRD Jatim Agung Mulyhono, Jajaran Pemprov Jawa Timur serta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Banyuwangi.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Gubernur Khofifah mengatakan, peresmian pintu perlintasan KA dan pos jaga tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bagi pengguna jalan.

"Pintu perlintasan dan pos jaga kereta api ini adalah ikhtiar memberi keselamatan dan keamanan pengguna jalan," ujar Khofifah.

Saat ini, ada 22 perlintasan sebidang di jalan provinsi di Jawa Timur. Dengan peresmian di perlintasan Singojuruh tersebut, maka semua perlintasan sebidang di jalan provinsi di Jawa Timur kini sudah dilengkapi fasilitas keamanan yakni berpalang pintu dan dilengkapi pos jaga.

Gubernur Khofifah mengajak semua pemerintah daerah di Jawa Timur untuk melakukan percepatan melengkapi fasilitas keamanan di perlintasan sebidang.

Sementara itu, Bupati Ipuk Fiestiandani berterima kasih atas fasilitas perlintasan sebidang tersebut.

Ipuk menyebut, fasilitas ini sangat bermanfaat dalam memberikan keselamatan bagi pengendara lalu lintas di Banyuwangi.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Alhamdulilah menjelang liburan Nataru masyarakat akan semakin aman dalam berkendara terutama di musim liburan. Terima kasih sekali lagi pada Gubernur dan Pemprov Jatim," ujar Ipuk.

Tahun ini, Banyuwangi mendapatkan bantuan pembangunan pos jaga dan pintu palang KA dari Pemprov Jatim untuk tiga titik lokasi perlintasan sebidang di jalan kabupaten.

Pada tahun 2024 mendatang, Banyuwangi juga akan mendapat bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk pembangunan fasilitas yang sama di tiga lokasi lainnya.

Ipuk menyebut, Pemkab Banyuwangi terus berupaya melengkapi fasilitas keamanan semua perlintasan sebidang yang ada di Banyuwangi.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

"Kami akan terus melakukan melengkapi semua perlintasan KA, termasuk juga memberdayakan sukarelawan keamanan untuk menjaga perlintasan," pungkasnya.

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Gubernur Khofifah Resmikan Pintu Perlintasan KA dan Pos Jaga di Banyuwangi". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru