Puncak Arus Mudik Nataru, Stasiun Pasar Senen Dipadati Penumpang

awsnews.id
Stasiun Pasar Senen dipadati penumpang yang akan mudik ke Jawa dan Sumatera.

JAKARTA | ARTIK.ID - Stasiun Pasar Senen, Jakarta, dipadati penumpang pada Sabtu (23/12/2023). Peristiwa ini terjadi bertepatan dengan puncak arus mudik libur Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Berdasarkan data dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, total penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada hari tersebut mencapai sekitar 24.000 orang. Jumlah ini meningkat sekitar 20% dibandingkan hari biasa.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, sebagian besar penumpang tersebut merupakan warga Jakarta dan sekitarnya yang mudik ke kampung halamannya di berbagai daerah di Jawa dan Sumatra.

"Peningkatan jumlah penumpang ini sudah kami prediksikan sejak awal," kata Ixfan.

Ixfan menambahkan, KAI Daop 1 Jakarta telah menyiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, di antaranya menambah jumlah kereta api, menambah jadwal kereta api, dan menambah petugas di stasiun.

"Kami juga mengimbau kepada para penumpang untuk melakukan pemesanan tiket secara online," kata Ixfan.

Pantauan di lokasi, sejumlah penumpang tampak antre di loket penjualan tiket untuk membeli tiket mudik. Mereka juga tampak membawa barang bawaan yang cukup banyak.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Salah seorang penumpang, Asep (35), mengatakan, ia mudik ke kampung halamannya di Cirebon untuk merayakan Natal dan tahun baru bersama keluarga.

"Saya sudah lama tidak mudik karena pandemi. Jadi, saya memanfaatkan momen libur Natal dan tahun baru untuk pulang ke kampung halaman," kata Asep.

Penumpang lainnya, Siti (40), mengatakan, ia mudik ke kampung halamannya di Semarang untuk berkumpul dengan keluarga besar.

"Saya sudah memesan tiket kereta api sejak jauh-jauh hari karena takut kehabisan," kata Siti.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

KAI Daop 1 Jakarta memprediksikan puncak arus mudik libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 akan terjadi pada Sabtu dan Minggu (23-24/12/2023).

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Puncak Arus Mudik Nataru, Stasiun Pasar Senen Dipadati Penumpang". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru