Bidang Transportasi dan Logistik Dinilai Lebih Cocok untuk Kaum Perempuan

awsnews.id
Bidang Transportasi dan Logistik Dinilai Lebih Cocok untuk Kaum Perempuan

JAKARTA | ARTIK.ID - Bidang transportasi dan logistik sering kali dianggap sebagai bidang yang didominasi oleh laki-laki. Namun, nyatanya, perempuan juga bisa berperan penting di bidang tersebut.

Hal ini dibuktikan oleh Siti Arianti, Direktur PT Datas Transportindo Internasional. Perempuan berusia 72 tahun ini telah berkecimpung di bidang transportasi dan logistik selama lebih dari 50 tahun.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

"Belajar itu mulai dari kita lahir sampai nanti kita mati nanti," kata Siti dalam acara peluncuran buku "Indonesian Women in Transport and Logistics" di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Sabtu (23/12/2023).

Siti mengatakan, ia memulai kariernya di bidang transportasi dan logistik sebagai staf administrasi. Namun, berkat ketekunan dan kerja kerasnya, ia berhasil naik jabatan hingga menjadi direktur.

"Semangat itu yang mendorong saya untuk belajar walaupun sudah umur 72," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Susi Pujiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan. Susi mengatakan, perempuan memiliki peluang yang lebih baik untuk sukses di bidang transportasi dan logistik.

"Ibu-ibu yang bergerak di transportasi, opportunity yang dilakukan oleh perempuan bisanya akan lebih baik," ucapnya melalui virtual.

Susi menjelaskan, hal ini karena perempuan memiliki sifat yang lebih detail dan teliti. Selain itu, perempuan juga cenderung lebih sabar dan telaten dalam mengerjakan tugasnya.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Transportasi di Indonesia adalah hal yang vital, terlebih lagi dengan Indonesia yang mempunyai kateristik kepulauan," lanjutnya.

Oleh karena itu, Susi mendorong perempuan untuk menekuni bidang transportasi dan logistik. Ia yakin bahwa perempuan bisa memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan bidang ini.

Untuk kalian yang ingin menekuni bidang transportasi dan logistik, Devi Marlika selaku Senior Lecturer Institut Transport dan Logistik Trisakti menjelaskan bahwa kampus Trisakti menghadirkan jurusan ini.

"Lulusannya berkesempatan di industri transportasi dan logistik yang tersebar di Indonesia. Bahkan bisa menjadi konsultan logistik," ucapnya.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Devi menambahkan, industri transportasi dan logistik di Indonesia memiliki prospek yang cerah. Oleh karena itu, lulusan jurusan transportasi dan logistik memiliki peluang kerja yang tinggi.

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Bidang Transportasi dan Logistik Dinilai Lebih Cocok untuk Kaum Perempuan". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru