Menuju Kemandirian Pangan, Jember Luncurkan Pabrik Pupuk Organik Si Jempol

awsnews.id
Menuju Kemandirian Pangan, Jember Luncurkan Pabrik Pupuk Organik Si Jempol

JEMBER | ARTIK.ID - Jember bergerak menuju kemandirian pangan dengan memiliki pabrik pupuk organik sendiri bernama ‘Si Jempol’.

Pabrik ini diresmikan oleh Bupati Hendy Siswanto bersama Wakil Bupati Jember KH. Muh. Balya Firjaun Barlaman di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Jember, Rabu (27/12).

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

“Dengan mengucapkan bismillah, saya nyatakan Pabrik Pupuk Organik ‘Si Jempol’ resmi beroperasi sejak hari ini untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani lokal kita,” kata Bupati Hendy.

Dirinya berharap pabrik pupuk organik milik Pemkab Jember ini dapat mengatasi masalah ketersediaan pupuk bagi petani lokal Jember.

Bupati Hendy mengatakan, sektor pertanian adalah sektor utama yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jember. Jember memiliki lahan pertanian seluas 70 persen dari total luas daerah dan menempati peringkat keempat dalam swasembada pangan hasil pertanian di Jawa Timur.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

“Karena itu, petani harus sejahtera, mereka harus dipermudah, kalau dulu petani kesulitan mendapatkan pupuk karena ada pembatasan, sekarang dengan adanya pabrik pupuk organik milik Jember, petani Jember tidak akan kesulitan pupuk lagi,” ujarnya.

Pabrik pupuk organik Si Jempol ini dapat memproduksi 50-60 ton perhari. Bupati Hendy juga mengimbau semua petani di Jember untuk menggunakan pupuk organik ini.

“Kami sudah memetakan, ada 86.000 hektar lahan pertanian, yang dibagi menjadi 6 klaster, dengan perlakuan pupuk organik yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi lahan,” tutup Bupati Hendy.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Menuju Kemandirian Pangan, Jember Luncurkan Pabrik Pupuk Organik Si Jempol". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru