Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Kucurkan Hibah Pendidikan Senilai Rp18,3 Milyar

awsnews.id
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Kucurkan Hibah Pendidikan Senilai Rp18,3 Milyar

BANYUWANGI | ARTIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi pada tahun 2023 telah menyalurkan bantuan hibah pendidikan sebesar Rp18,3 miliar.

Anggaran tersebut disalurkan kepada 5.367 penerima yang terdiri dari guru swasta, mahasiswa, dan pelajar dari tingkat PAUD hingga SMA.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Penyerahan bantuan hibah secara simbolis dilakukan oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Pendopo Sabha Swagata, Jumat (29/12).

Dalam kesempatan itu, Ipuk mengatakan bahwa bantuan hibah ini merupakan salah satu upaya Pemkab Banyuwangi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah.

"Tantangan ke depan semakin berat, khususnya terkait penyiapan sumber daya manusia (SDM). Bantuan ini menjadi support system untuk meraih bekal itu, sehingga SDM kita punya peluang lebih besar untuk maju dimanapun mereka berada,” kata Ipuk.

Lebih lanjut, Ipuk mengatakan bahwa bantuan hibah ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan guru swasta dan membantu pelajar atau mahasiswa yang kurang mampu.

"Semoga bantuan ini bisa memotivasi para guru untuk tetap bisa memberikan yang terbaik bagi siswa. Kami juga titip kepada guru untuk terus menanamkan akhlak dan karakter yang baik kepada siswa. Ke depan, tidak hanya butuh SDM yabg ber-skill, namun karakter yang kuat juga berperan untuk membangun bangsa ini," kata Ipuk.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Adapun rincian penerima bantuan hibah pendidikan dari Pemkab Banyuwangi tahun 2023, yakni, Insentif guru swasta: 1.797 guru, Beasiswa Banyuwangi Cerdas: 542 mahasiswa, Beasiswa Garda Ampuh: 815 siswa, Bantuan biaya hidup: 757 siswa serta Uang saku dan uang transport: 593 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno mengatakan, bantuan hibah ini disalurkan secara tepat sasaran dan transparan.

"Jika ada penerima bantuan yang tidak sesuai ketentuan, silahkan laporkan kepada kami. Nanti akan kami tindak lanjuti," tegas Suratno.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Dengan adanya bantuan hibah pendidikan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Banyuwangi dan menekan angka putus sekolah.

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Kucurkan Hibah Pendidikan Senilai Rp18,3 Milyar". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru