KPU Sidoarjo Temukan 3.000 Surat Suara yang Sudah Sobek dan Bolong, Alias Rusak

awsnews.id
Gudang logistik KPU Sidoarjo. Foto tangkapan layar

SIDOARJO | ARTIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo menemukan 3.000 surat suara rusak saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di gudang logistik KPU Sidoarjo, Jalan Airlangga, Rabu (3/1/2024).

Surat suara tersebut rusak dengan kategori berlubang, sobek, dan terdapat bercak warna.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Ketua KPU Sidoarjo Iskak mengatakan, surat suara yang rusak tersebut akan segera diganti dengan surat suara baru.

"Kami akan berkoordinasi dengan pimpinan serta pihak percetakan untuk mengganti surat suara yang rusak tersebut," ujar Iskak.

Dilansir dari siaran pers KPU, Jumat (5/1/2024), Iskak menjelaskan, untuk surat suara DPR RI sudah selesai disortir dan dilipat, sementara surat suara DPRD Provinsi tinggal sedikit.

"Saat ini yang sedang dilakukan sortir dan pelipatan adalah surat suara DPD, untuk Surat suara Pilpres dan DPRD Kabupaten akan mulai disortir dan dilipat besok," kata Iskak.

Iskak memastikan bahwa proses sortir dan pelipatan surat suara tersebut berjalan lancar. Namun, ia tetap mengintruksikan kepada karyawan sortir dan lipat untuk lebih cermat, terutama untuk surat suara DPRD Kabupaten yang terdiri dari enam daerah pemilihan.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Khusus untuk sortir dan lipat surat suara DPRD kabupaten, kita akan setting dengan cermat agar tidak sampai tumpang tindih," tegasnya.

KPU Sidoarjo menargetkan, sortir dan pelipatan surat suara akan selesai pada Minggu (7/1/2024).

"Insya Allah proses sortir dan lipat surat suara kelar seminggu lagi," pungkasnya.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Iskak mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak khawatir dengan adanya surat suara rusak tersebut. Ia memastikan bahwa KPU Sidoarjo akan segera mengganti surat suara yang rusak dengan surat suara baru.

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "KPU Sidoarjo Temukan 3.000 Surat Suara yang Sudah Sobek dan Bolong, Alias Rusak". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru