Kepala Kemenag Ponorogo Luncurkan Batik Khas Kota Budaya dan Kota Santri

awsnews.id
Kepala Kemenag Ponorogo Luncurkan Batik Khas Kota Budaya dan Kota Santri

Kepala Kemenag Ponorogo Luncurkan Batik Khas Kota Budaya dan Kota Santri

PONOROGO | ARTIK.ID - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo, Moh Nurul Huda, meluncurkan batik khas yang menjadi baju seragam di lingkungan Kantor Kemenag. Batik ini diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Batik tersebut memiliki corak yang tak jauh dari gambar Reog Ponorogo, dengan hiasan burung merak yang lebih dominan.

Nurul Huda mengatakan, batik yang ia buat merupakan representasi dari identitas Ponorogo sebagai Kota Budaya dan Kota Santri.

"Reog itu kesenian adi luhung dan Ponorogo memiliki banyak pesantren. Tidak salah kalau menyematkan predikat Kota Budaya dan Kota Santri untuk Ponorogo," kata Nurul Huda.

Acara launching batik ini juga dihadiri oleh Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko. Bupati Sancoko mengapresiasi kreativitas Nurul Huda dalam menciptakan batik khas Ponorogo.

"Ini keren, perlu kita apresiasi kreativitas hasil daya cipta Kepala Kantor Kemenag yang ternyata seorang seniman," ungkap Kang Bupati.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Bupati Sancoko juga mengatakan, Kantor Kemenag Ponorogo telah memahami keberadaannya di sebuah Kota Budaya dan Kota Santri.

Masyarakat Ponorogo memiliki keragaman dalam beragama, namun memiliki cara pandang yang moderat, toleran, dan menghargai perbedaan demi mewujudkan kemaslahatan bersama.

"Sikap toleransi, anti-kekerasan, penerimaan terhadap tradisi, dan komitmen kebangsaan sudah terbentuk. Alangkah indahnya kalau kita mampu merawat keberagaman itu dengan saling menghargai dan menghormati sehingga dapat hidup rukun berdampingan," terangnya.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Batik khas Ponorogo ini akan menjadi seragam resmi bagi seluruh pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Ponorogo. Diharapkan dapat menjadi simbol identitas dan kebanggaan masyarakat Ponorogo.

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Kepala Kemenag Ponorogo Luncurkan Batik Khas Kota Budaya dan Kota Santri". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru