Ali Affandi Optimis Indonesia Punya Modalitas Jadi Negara Adidaya di 2045

awsnews.id
Ali Affandi Optimis Indonesia Punya Modalitas Jadi Negara Adidaya di 2045

SURABAYA | ARTIK.ID - Indonesia memiliki modalitas untuk menjadi negara adidaya di tahun 2045. Hal ini diungkapkan oleh Jubir TKD Prabowo - Gibran Jawa Timur, H.M. Ali Affandi La Nyalla, M.M, dalam acara Deklarasi dan Talkshow DPW Pride Jawa Timur.

Hal itu disampaikan dalam acara bertajuk "Peran Digitalisasi dalam Proses Perkembangan Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", baru-baru ini.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Dilansir dari siaran persnya, Kamis (11/1), H.M. Ali Affandi La Nyalla mengatakan, modalitas tersebut berupa jumlah generasi milenial dan Z yang besar serta kemampuan dalam mengelola teknologi digital.

"10-20 tahun mendatang 60% populasi Indonesia didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z. Jumlah sumber daya manusia (SDM) sebanyak itu bisa dijadikan basis dalam menyongsong Indonesia Emas 2045," kata Ali Affandi.

Menurutnya, era digital juga menjadi peluang bagi Indonesia untuk menjadi negara adidaya. Era digital menawarkan sebuah wahana konsolidasi politik yang segar bagi milenial untuk menjadi kebangkitan nasional dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Indonesia merupakan potensi pasar ekonomi digital terbesar di regional Asia Tenggara, bahkan usaha-usaha berbasis startup berskala unicorn lahir dari Indonesia," kata Ali Affandi.

Namun, Ali Affandi juga mengingatkan bahwa modalitas tersebut tidak cukup hanya jumlah SDM yang besar dan kemampuan mengelola teknologi digital. Indonesia juga harus memiliki sumber daya alam yang melimpah dan infrastruktur yang memadai.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Kita juga harus memiliki sumber daya alam yang melimpah dan infrastruktur yang memadai. Selain itu, kita juga harus memiliki SDM yang berkualitas dan terampil," kata Ali Affandi.

Ali Affandi juga menegaskan bahwa peran anak muda sangat signifikan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Anak muda harus berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.

"Anak muda harus berperilaku bijak dalam menggunakan media sosial, terlebih saat musim Pemilu, banyak hoax dan black campaign, yang sengaja di-posting oleh oknum tak bertanggung jawab guna menjatuhkan salah satu Paslon," kata Ali Affandi.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Ali Affandi berharap, Indonesia dapat menjadi negara adidaya di tahun 2045. Hal ini dapat terwujud jika seluruh elemen bangsa bersatu padu dan bekerja keras untuk mewujudkannya.

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Ali Affandi Optimis Indonesia Punya Modalitas Jadi Negara Adidaya di 2045". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru