Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Pemkot Surabaya Siapkan 7 Posko Terpadu

awsnews.id
Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Pemkot Surabaya Siapkan 7 Posko Terpadu

SURABAYA | ARTIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi yang diprediksi terjadi pada bulan Januari, Februari, dan Maret 2024.

Salah satu upaya yang dilakukan pemkot adalah mengoptimalkan 7 Posko Terpadu dan 18 Pos Pantau yang tersebar di seluruh wilayah Kota Surabaya. Selama 24 jam, petugas gabungan dari pemkot akan standby di Posko Terpadu tersebut.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Kepala BPBD Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan 8 dinas atau perangkat daerah (PD) lain untuk mengoptimalkan fungsi Posko Terpadu dan Pos Pantau.

"Di antaranya, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan, DPKP (Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan) dan sebagainya," kata Hebi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/1/2024).

Hebi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi, seperti aliran air sungai yang menjadi kencang, angin puting beliung, pohon tumbang, cuaca ekstrem (hujan deras), dan sebagainya.

"Kami imbau warga tidak mandi di sungai, baik itu anak kecil maupun orang dewasa. Selain itu, para orang tua agar dapat mengawasi dan mencegah anak-anak bermain saat hujan," imbaunya.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Kepada pengendara motor dan mobil, Hebi berpesan agar dapat memastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi layak jalan. Jangan sampai, kondisi ban motor yang sudah tipis, justru dibiarkan dan tetap digunakan saat hujan.

"Selain itu kami juga imbau warga agar tidak berteduh di bawah pohon saat hujan," ujarnya.

Hebi berharap, dengan upaya-upaya yang telah dilakukan, potensi bencana hidrometeorologi di Kota Surabaya dapat diantisipasi dengan baik dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Pemkot Surabaya Siapkan 7 Posko Terpadu". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru