LPD Desa Adat Megati Tutup Tahun 2023 dg Pencapaian Positif : Aset Rp 3,5 Miliar & Laba Rp 103 Juta

awsnews.id
Pemucuk LPD Desa Adat Megati, I Nyoman Sudana, (Kanan)

TABANAN | ARTIK.ID - LPD Desa Adat Megati, yang berada di kecamatan Selemadeg Timur, kabupaten Tabanan, mengakhiri tahun buku 2023 dengan pencapaian yang positif . Aset lembaga keuangan adat ini berhasil mencapai angka  sebesar Rp 3,5 miliar, sementara laba yang dihasilkan pada tutup Buku Tahun 2023 mencapai Rp 103 juta.

Pencapaian ini dapat disaksikan sebagai respons positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Bali dan meningkatnya kunjungan wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Pemucuk LPD Desa Adat Megati, I Nyoman Sudana, menyampaikan rasa syukurnya atas dukungan dan kepercayaan masyarakat Megati yang telah konsisten memanfaatkan produk jasa layanan LPD. "Walaupun aset LPD tidak mengalami peningkatan signifikan, kita patut bersyukur karena mampu mempertahankan stabilitasnya. Ini semua berkat partisipasi aktif dan kesadaran membayar dari masyarakat Megati. Kami melakukan pendekatan persuasif dan dekat secara emosional dengan mereka," ujar I Nyoman Sudana.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Dalam situasi ekonomi saat ini, LPD Megati tetap optimis mencapai target meski agak di bawah rencana kerja. Laba sebesar Rp 103 juta akan dialokasikan, di mana 20 persen dari jumlah tersebut, atau sekitar Rp 20 juta, akan diberikan sebagai dana pembangunan untuk Desa Adat. LPD Megati mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam memajukan lembaga keuangan adat ini. "Partisipasi masyarakat harus tetap aktif. Kami terus memberikan edukasi. Kesejahteraan masyarakat akan terjamin ketika LPD maju," tambah I Nyoman Sudana.

Tidak hanya fokus pada aspek keuangan, LPD Megati juga menjalankan program sosial dengan memberikan dana duka sebesar Rp 400 ribu setiap kali ada warga yang meninggal dunia. Program ini sudah berjalan selama lebih dari 3 tahun sebagai bentuk bela sungkawa dan kepedulian LPD kepada krama Megati.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Menatap masa depan, LPD Megati memiliki rencana untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui paruman desa adat. Program ini bertujuan membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam pembayaran kredit, dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap kewajiban mereka di LPD.

Bendesa Adat Megati, Gusti Putu Ngurah Ariawan, yang juga menjabat sebagai ketua bendan pengawas LPD Megati, mengapresiasi kinerja LPD Megati di tahun buku 2023. Meskipun tidak semua target tercapai, beliau menegaskan pentingnya kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Megati di LPD. "Kami berharap agar seluruh masyarakat Megati dapat menjalankan kewajiban mereka di LPD sehingga target rencana kerja untuk tahun 2024 dapat tercapai," ungkap Gusti Putu Ngurah Ariawan dengan optimisme.(tim)

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "LPD Desa Adat Megati Tutup Tahun 2023 dg Pencapaian Positif : Aset Rp 3,5 Miliar & Laba Rp 103 Juta". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru